[SALAH] Video Gempa yang Disusul Tsunami di Jepang 1 Januari 2024

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ

Video yang diklaim sebagai gempa yang disusul Tsunami di Jepang pada 1 Januari 2024 tidak benar. Faktanya, video tersebut merupakan video tanah longsor di kota Atami, Jepang pada 3 Juni 2021.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1704891953.911649/index.html

= = = = =

NARASI:
“1 Januari 2024. Gempa yg di susul Tsunami di Jepang.”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook Wahyu Nhat pada 3 Januari pukul 15.51 memposting sebuah video berdurasi 1 menit 58 detik yang menampilkan sebuah bencana yang diklaim sebagai gempa yang disusul dengan tsunami di Jepang. Pada caption juga terdapat keterangan waktu bencana tersebut terjadi pada satu Januari 2024.

Setelah ditelusuri menggunakan InVID ditemukan beberapa yang identik dengan video yang posting pada Facebook pada kanal YouTube POSKOTA pada video berjudul “DETIK-DETIK TANAH LONGSOR DI KOTA ATAMI JEPANG” yang diunggah pada 3 Juli 2021. Jika dilihat video pada Facebook dengan video POSKOTA memiliki kesamaan terlihat dari gedung-gedung dan kendaraan, keduanya sama-sama menunjukkan gedung bertingkat berwarna merah. Potongan video yang lain, yang menunjukkan sebuah wilayah dan terdapat mobil yang bergerak menjauhi longsoran tersebut.

Selain pada channel YouTube POSKOTA, video yang sama terdapat pada website tempo.co dengan judul “Detik-detik Pemukiman Warga di Jepang Dihantam Longsor dan Banjir” Senin, 5 Juli 2021 pukul 13.30. Video yang asli adalah video detik-detik longsor di kota Atami, Jepang pada Sabtu, 3 Juni 2021. Tanah longsor tersebut terjadi sekitar pukul 10.30 waktu setempat yang sebelumnya wilayah tersebut diguyur hujan deras.

Dengan demikian video yang diklaim sebagai gempa yang di Tsunami di Jepang pada 1 Januari 2024 tidak benar. Video tersebut merupakan video tanah longsor di kota Atami, Jepang pada 3 Juni 2021, sehingga hal tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.youtube.com/watch?v=lTc0pzqb7GE
https://video.tempo.co/read/25220/detik-detik-pemukiman-warga-di-jepang-dihantam-longsor-dan-banjir