[SALAH] Gibran Ketahuan Menggunakan Otak Panduan saat Debat Cawapres oleh Tretan Muslim dan Coki Pardede

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ

Postingan pada Tik Tok Gibran ketahuan menggunakan otak panduan saat debat merupakan hal yang tidak benar. Faktanya, gambar pada video tersebut merupakan sebuah video yang diunggah dan dibuat Tretan Muslim sebagai sindiran kepada Roy Suryo yang telah mengklaim bahwa Gibran melakukan kecurangan.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: konten yang menyesatkan

= = = = =

SUMBER: Tik Tok
https://archive.cob.web.id/archive/1705121671.029037/index.html

= = = = =

NARASI:
“🕵️Otak Tambahan Gibran Rakabuming Raka Ketahuan Sewaktu Debat Cawapres Tgl. 22 December 2023 Jam. 20. 00″, W.I.B , Otak Panduan nya Gibran Rakabuming Raka Berada di Bokong nya/ada di Pantatnya ,” Baru Debat Cawapres Sudah Menipu, Bohongin PubLik) Rakyat”,?Bagaimana Kalau TerpiLih Cawapres ?? ModeL Bapaknya Juga di Ikutin , Pencitraan , Pembohong,( Hoax) Dasar Anak Cebong Pendusta itu Kalau di AL”Qur’an , AdaLah Syetan. Berarti Gibran , Termasuk Syetan , Surah Asy Syu ara Ayat : 221-222 ,& 223. Anda Mdu Tau Sifat2 Pendusta: Sbb : Kata Alloh, Maukah Aku Beritahu kpada mu ,kpada Sapa Syetan2 itu Turun? (221) Mereka Syetan Turun kpada Setiap Pendusta yg Banyak Dosa, ( Asy Syu ara Ayat:,222) Mereka Menyampaikan hasil Pendengaran nya (Omongan), Mereka Sedangkan Kebanyakan Mereka Orang2 Pendusta..( Asy Syu ara: 223). 😎🥸⚽️⚽️⚽️🤬🤓🥺🥺”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Tik Tok user2297434175308 memposting sebuah video berdurasi 15 detik yang menampilkan sebuah gambar Tretan Muslim yang sedang membuka baju dan menemukan sebuah laptop punggung Gibran. Nampak juga Coki yang sedang menengok ke arah Tretan Muslim. Pada caption postingan terdapat informasi bahwa gambar tersebut merupakan Gibran yang ketahuan menggunakan otak panduan pada saat debat cawapres tanggal 22 Desember 2023 yang diletakkan pada pantanya.

Telusuri menggunakan Google Image ditemukan sebuah video yang identik dengan gambar pada video postingan di akun Tretan Muslim yang diunggah pada 30 Desember 2023. Video tersebut merupakan video sindiran yang ditujukan untuk Roy Suryo. Melansir dari suara.com video yang dibuat oleh Tretan Muslim dan Coki Pardede tersebut seolah-olah menjadi balasan atas komentar Roy Suryo saat debat cawapres. Sebelumnya Roy Suryo pada akun x-nya mengklaim bahwa Gibran membuat kecurangan saat debat.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari menjelaskan ketiga cawapres yang mengikuti debat kedua pada Jumat 22 Desember 2023 menggunakan alat mikrofon yang sama hal tersebut untuk mengantisipasi jika ada mic yang mati. Saat itu Gibran tidak menggunakan ear feeder atau pengumpan telinga. Hasyim memastikan bahwa debat cawapres tersebut berlangsung dengan adil dan spontan.

Dengan demikian postingan pada Tik Tok Gibran ketahuan menggunakan otak panduan saat debat merupakan hal yang tidak benar. Gambar pada foto tersebut merupakan sebuah video yang diunggah dan dibuat Tretan Muslim sebagai sindiran kepada Roy Suryo yang telah mengklaim bahwa Gibran melakukan kecurangan, sehingga hal tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.instagram.com/p/C1dTXEeBmh5/
https://www.suara.com/entertainment/2024/01/03/173242/bareng-gibran-rakabuming-raka-tretan-muslim-dan-coki-pardede-sindir-roy-suryo
https://www.antaranews.com/berita/3885426/kpu-klarifikasi-dugaan-kecurangan-gibran-oleh-roy-suryo