[SALAH]: Anies berikan tutorial cara memasak kodok

Hasil periksa fakta Raka.

[FAKTANYA]: Klaim video Anies memberikan tutorial cara memasak kodok adalah tidak benar. Video tersebut telah dipotong dan ditambahkan narasi yang tidak benar.

===

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi.

===

[SUMBER]: https://ghostarchive.org/archive/3fwwq

===

[NARASI]: JIKA HARI MU KACAU SILAHKAN TONTON VIDEO INI, BIAR TAMBAH KACAU

Tutorial cara memasak kodok

===

[PENJELASAN]: Beredar sebuah video yang diunggah di media sosial Instagram berisi Anies sedang memberikan tutorial cara memasak kodok.

Setelah dilakukan penelusuran, video dengan narasi tersebut adalah tidak benar.

Video tersebut telah dipotong dan ditambahkan narasi yang tidak benar. Kejadian yang benar adalah Anies sedang memberikan pidato dalam acara Temu Kebangsaan Relawan di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta pada Minggu, 21 Mei 2023.

Anies memberikan ilustrasi katak pada pidato yang membahas tentang mafia di Indonesia. Kalimat lengkapnya Anies berkata, bila kita tidak menyadari bahwa pertumbuhan mafia itu terus menerus, maka bangsa kita akan habis karena mafia.

“Teman-teman sekalian saya beri ilustrasi, katak, katak nih. Bila katak itu dimasukkan ke dalam sebuah panci yang airnya dingin, kemudian pancinya taruh di kompor nyalakan kompornya pelan-pelan. Air di situ awalnya dingin, lama-lama menjadi panas, lama-lama mendidih dan katak itu akan mati di mendidihnya air,” ujar Anies.

Ia bilang jika tidak menyadari pertumbuhan mafia maka bangsa Indonesia dapat dikuasai oleh mafia.

Selain itu, Anies mengatakan bahwa komitmen pasca reformasi adalah untuk memberantas mafia-mafia di Indonesia.

“25 tahun yang lalu kita berkomitmen memberantas KKN sekarang kita berkomitmen untuk memberantas mafia-mafia yang ada di republik ini,” ujar Anies.

Dengan demikian klaim video Anies memberikan tutorial cara memasak kodok adalah tidak benar dengan kategori konten yang dimanipulasi.

===

[REFERENSI]: https://youtu.be/OJFgrYn4jKA?si=iZjJDSHepiJ8GWzq

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-anies-berikan-tutorial-cara-memasak-kodok