[SALAH] Pulau Jawa Terkikis Ombak Ganas

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video yang mengklaim bahwa Pulau Jawa terkikis ombak ganas yang menyebabkan meluapnya gelombang setinggi 10 meter merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, narator hanya membaca ulang artikel berjudul “BMKG: Waspadai gelombang tinggi enam meter di Laut Natuna Utara”.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://web.archive.org/web/20240105011145/http://web.archive.org/screenshot/https://www.youtube.com/watch?v=EiAjY6eJCas&t=13s (YouTube)

=======

[NARASI]: “Live ; PULAU JAWA TERKIKIS OMBAK GANAS, GELOMBANG TINGGI 10 METER MELUAP INFO BMKG TERBARU | PULAU JAWA DALAM BAHAYA, GELOMBANG TINGGI 10 METER MELUAP BELASAN WARUNG AMBRULADUL”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube CCTV BENCANA (@bencanaalam294) pada 30 Desember 2023 mengunggah video dengan klaim bahwa Pulau Jawa tengah dalam bahaya karena adanya ombak ganas yang mengikis pulau tersebut. Akibat keadaan itu, gelombang setinggi 10 meter pun dikabarkan meluap.

Setelah menonton keseluruhan video, faktanya narator hanya membaca ulang artikel milik Antara News berjudul “BMKG: Waspadai gelombang tinggi enam meter di Laut Natuna Utara”.

Sumber: Antara News

Artikel asli tersebut memberitakan mengenai himbauan BMKG kepada masyarakat Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau untuk mewaspadai gelombang dengan ketinggian enam meter yang berpotensi terjadi di Laut Natuna Utara. Diketahui bahwa gelombang tersebut masuk dalam kategori sangat tinggi dan diperkirakan berlangsung pada 27-29 Desember 2023.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube CCTV BENCANA merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://www.antaranews.com/berita/3888504/bmkg-waspadai-gelombang-tinggi-enam-meter-di-laut-natuna-utara
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-pulau-jawa-terkikis-ombak-ganas
https://regional.kompas.com/read/2023/12/26/074748778/waspada-tinggi-gelombang-perairan-natuna-capai-6-meter-hingga-5-hari-ke