[SALAH] “Anak SMP divonis 7 tahun Karena Mengkritik Jokowi”

MENYESATKAN, TIDAK berkaitan dengan mengkritik Jokowi. FAKTA: video yang dibagikan adalah rekaman seorang Ibu dari siswi korban kasus pembunuhan di Mojokerto (Jawa Timur) yang menangis histeris setelah mengetahui putusan hukuman ke pelaku.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan.

SUMBER: X/Twitter, archive.today (arsip cadangan).

NARASI: “Anak SMP divonis 7 tahun Karena Mengkritik Jokowi, *Lantas mengapa Jokowi Tidak Divonis Bersalah Atas Perbuatan PEMALSUAN IJAZAH ??? JIKA TERPILIH AMIN Akan TUNTASKAN !!!”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu” [1]

SUMBER membagikan video yang berisi klaim MENYESATKAN, FAKTA: TIDAK berkaitan dengan mengkritik Jokowi. Video yang dibagikan adalah rekaman seorang Ibu dari siswi korban kasus pembunuhan di Mojokerto (Jawa Timur) yang menangis histeris setelah mengetahui putusan hukuman ke pelaku.

Verifikasi Video

Salah satu video dengan segmen yang identik dengan konteks yang BENAR, Harian Surya di YouTube pada 17 Jul 2023: “MOJOKERTO, SURYA- Sidang vonis perkara kasus pembunuhan siswi SMP Kemlagi sempat diwarnai keributan di Pengadilan Negeri Mojokerto, Jumat (14/7/2023). Keluarga Korban tidak terima saat hakim menjatuhkan hukuman terhadap terdakwa AB (15), 7 Tahun dan 4 Bulan lebih rendah dari tuntutan jaksa. Bahkan ibu korban tampak memeluk erat foto almarhum dalam pigura dan menangis histeris saat hakim membacakan putusan vonis. …” [2]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Hasil pencarian Google Videos, kata kunci: “kasus pembunuhan siswi smp mojokerto” [3]

Hasil pencarian Google News, kata kunci: “kasus pembunuhan siswi smp mojokerto” [4]

REFERENSI

[1] First Draft News: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate) / archive.today (arsip cadangan).

[2] YouTube: “Tak Terima Putusan Hakim, Sidang Vonis Perkara Pembunuhan Siswi SMP Kemlagi Diwarnai Keributan” / Ghost Archive https://ghostarchive.org/varchive/9R39HYh3hts (arsip cadangan).

[3] Google Videos / Ghost Archive (arsip cadangan).

[4] Google News / Ghost Archive (arsip cadangan).