[SALAH] Angin Puting Beliung Sapu Bersih 2.420 Unit Rumah

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video yang mengklaim bahwa sebanyak 2.420 unit rumah telah hancur akibat bencana angin puting beliung merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, narator hanya membaca ulang artikel berjudul “Puting beliung terjang Pandeglang, sejumlah rumah dan kios rusak”.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://web.archive.org/web/20240105010705/http://web.archive.org/screenshot/https://www.youtube.com/watch?v=1wbQhSAorE8 (YouTube)

=======

[NARASI]: “Terhempas… SEBANYAK 2,420 RUMAH HANCUR TERSAPU DAHSYATNYA PUTING BELIUNG TORNADO | ANGIN PUTING BELIUNG SAPU BERSIH BELASAN DUSUN HINGGA BERHAMBURAN”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube CCTV BENCANA (@bencanaalam294) pada 3 Januari 2024 mengunggah video dengan klaim bahwa bencana angin puting beliung telah menghancurkan dan menyapu bersih setidaknya 2.420 unit rumah dan belasan dusun.

Setelah menonton keseluruhan video, faktanya narator hanya membaca ulang artikel milik Antara News berjudul “Puting beliung terjang Pandeglang, sejumlah rumah dan kios rusak”.

Sumber: Antara News

Artikel asli tersebut memberitakan mengenai bencana angin puting beliung yang terjadi pada 30 Desember 2023 di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pandeglang, angin puting beliung ini menyebabkan 21 unit rumah warga dan enam unit toko mengalami kerusakan. Sementara itu, diketahui tidak ada korban jiwa dari kejadian ini.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube CCTV BENCANA merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-angin-puting-beliung-sapu-bersih-2-420-unit-rumah
https://www.antaranews.com/berita/3893832/puting-beliung-terjang-pandeglang-sejumlah-rumah-dan-kios-rusak