[SALAH] Umat Muslim Sholat Berjamaah di Times Square saat Malam Natal

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Video umat Muslim yang sholat berjamaah tersebut diambil saat malam tarawih di bulan Ramadhan pada Maret lalu, bukan saat malam natal Desember 2023.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/fsi4k

=====

Narasi:
“Times Square – New York, Christmas Day, 2023”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter bercentang biru, @RonEng1ish mengunggah video yang menunjukkan ratusan umat Muslim sholat berjamaah di Times Square, New York. @RonEng1ish menklaim bahwa itu diambil saat malam Natal Desember lalu. Cuitan dan video yang diunggah pada 26 Desember tersebut telah disukai hampir 3,000 orang, dibagikan dan dikutip ulang lebih dari 1,500 kali, serta telah dilihat 2,7 juta kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Video serupa telah banyak beredar sejak Maret lalu, saat bulan Ramadhan. Versi lengkap video tersebut pertama kali diunggah di YouTube oleh akun bernama “bouarous Djamal” 9 bulan lalu. Pada penjelasan video tersebut tertulis bahwa itu merupakan ibadah salat taraweeh yang dilaksanakan setiap malam pada bulan Ramadhan.

Selain itu, akun YouTube @Canada-World juga mengunggah video yang sama yang dibuat dalam versi video pendek dengan judul “Taraweeh Namaz in New York Times Square” yang juga diunggah sejak 9 bulan lalu.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh @RonEng1ish merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-umat-muslim-sholat-berjamaah-di-times-square-saat-malam-natal


https://www.youtube.com/watch?v=CsVhctRlAiY


https://www.youtube.com/shorts/6uOdw6V-Sw8