[SALAH] SELURUH DPP DAN BACALEG PAN MENGUNDURKAN DIRI DARI PEMILU 2024 AKIBAT KETUM ZULHAS YANG MENGOLOK-OLOK SHOLAT

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli

Faktanya, video pengunduran diri dari kader-kader PAN yang diunggah tersebut merupakan video pengunduran diri dari pengurus dan bacaleg PAN yang berasal dari Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku. Tindakan ini diambil sebagai bentuk protes atas pengangkatan Colin Leppuy, sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua PAN Kabupaten Aru secara sepihak. 

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====

[SUMBER]: X/TWITTER
https://archive.fo/Phngu

=====
[NARASI]:

Akibat Buruk Ucapan Zulhas Ketum PAN yg Meng Olok2 Sholat ..!!
GAWAT! DPP DAN BACALEG MENGUNDURKAN DIRI JELANG PEMILU 2024″

=====
[PENJELASAN]:

Beredar unggahan melalui media sosial X/Twitter, sebuah video sekumpulan orang yang mengenakan seragam salah satu partai di Indonesia yaitu Partai Amanat Nasional (PAN). Dalam keterangannya, video yang dibagikan oleh akun bernama @MichaelAdam7_ ini berisi narasi yang menyebutkan bahwa video tersebut merupakan video dari DPP dan Bacaleg PAN yang mengundurkan diri dari Pemilu 2024 akibat dari ucapan buruk Ketua Umum PAN, Zulhas, yang mengolok-olok sholat. Namun apakah benar bahwa mundurnya kader PAN seperti yang ada di dalam video tersebut disebabkan oleh isu Zulhas yang belakangan disebut mengolok-olok sholat?

Setelah melakukan penelusuran lebih lanjut mengenai video yang ada di dalam unggahan tersebut, didapati sebuah fakta yang menunjukkan bahwa narasi yang terdapat di dalam video tersebut merupakan klaim yang keliru. Dengan melakukan pencarian melalui kata kunci “DPP dan Bacaleg PAN mengundurkan diri dari pemilu”, ternyata didapati beberapa artikel yang membahas perihal hal tersebut sebelumnya. Salah satunya melansir dari artikel media rri.co.id yang berjudul, “Pengurus dan Bacaleg PAN Aru Ramai-Ramai Undur Diri”, yang diterbitkan pada 18 September 2023 lalu. Di dalam artikel tersebut, dapat dilihat sebuah potongan gambar yang tampak mirip dengan cuplikan video yang diunggah oleh akun @MichaelAdam7_  ini. Namun dalam ulasannya, tidak ditemukan klaim yang menyatakan bahwa pengunduran diri kader-kader PAN dari pemilu 2024 disebabkan oleh isu yang menimpa Ketum PAN.

Video pengunduran diri kader-kader PAN yang disebarkan melalui X/Twitter tersebut, diketahui merupakan video pernyataan pengunduran diri dari kader-kader PAN yang berasal dari Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku. Tindakan ini diambil sebagai bentuk protes atas pengangkatan Colin Leppuy, sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua PAN Kabupaten Aru secara sepihak. 

Saat dikonfirmasi, mantan Sekretaris DPD PAN Aru, Ali Wamir, membenarkan bahwa pengunduran diri disebabkan adanya pengangkatan Plt Ketua secara sepihak. Pengangkatan tersebut, menurutnya, bertentangan dengan amanat di dalam AD/ART.

“Semua pengurus dan bacaleg undur diri lantaran pengangkatan Plt Ketua DPD-PAN tidak sesuai dengan AD/ART,” ujarnya dalam sebuah keterangan resmi.

Jadi dapat disimpulkan, video yang disebut sebagai video pengunduran DPP dan Bacaleg PAN dari pemilu 2024 karena Ketum Zulhas mengolok-olok sholat merupakan klaim yang tidak benar dan termasuk ke dalam kategori misleading content atau konten menyesatkan.

=====
[REFERENSI]:

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-seluruh-dpp-dan-bacaleg-pan-mengundurkan-diri-dari-pemilu-2024-akibat-ketum-zulhas-yang-mengolok-olok-sholat

https://www.rri.co.id/pemilu/362230/pengurus-dan-bacaleg-pan-aru-ramai-ramai-undur-diri

https://amp.kompas.com/regional/read/2023/09/18/224552878/kecewa-penunjukan-plt-ketua-dpd-22-dari-25-bacaleg-pan-di-kepulauan-aru