[SALAH] Bill Gates: Mengganti Makanan Asli dengan Makanan Modifikasi Genetika Jadi Solusi Melawan Global Boiling

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Bill & Melinda Gates Foundation membantah bahwa Bill Gates pernah mengatakan hal tersebut. Bill Gates hanya mengambil contoh di Kenya yang mana peternak Ayam bisa menernakkan Ayam yang tahan terhadap suhu panas. Tidak berkaitan dengan Modifikasi Genetika.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Portal Daring

https://archive.is/O1UJa

= = =

Narasi:

“Bill Gates Orders Govt’s To Replace Real Food With GM Food To Fight ‘Global Boiling’

Microsoft founder Bill Gates has ordered world governments to replace real food with genetically modified foods in order to fight so-called ‘global boiling.’

Gates recently gave an address at the Africa Climate Summit where he was promoting his GM seeds and chickens.

According to Gates, GM products will benefit African people while also helping to save the planet.”

Terjemahan:

“Bill Gates Memerintahkan Pemerintah Mengganti Makanan Asli Dengan Makanan GM Untuk Melawan ‘Pendidihan Global’

Pendiri Microsoft Bill Gates telah memerintahkan pemerintah dunia untuk mengganti makanan asli dengan makanan hasil rekayasa genetika untuk melawan apa yang disebut ‘pendidihan global’.

Gates baru-baru ini memberikan pidato di KTT Iklim Afrika di mana dia mempromosikan benih dan ayam hasil rekayasa genetika.

Menurut Gates, produk GM akan bermanfaat bagi masyarakat Afrika sekaligus membantu menyelamatkan planet ini.”

= = =

Penjelasan:

Beredar informasi di internet bahwa Bill Gates meminta kepada pemerintahan di KTT Iklim Afrika 2023 (2023 Africa Climate Summit) untuk mengganti semua makanan asli dengan makanan buatan modifikasi genetika (Genetically Modified Food) untuk mencegah Global Boiling.

Hasil penelusuran tidak ditemukan bahwa Bill Gates meminta demikian, Bill Gates hanya mengambil contoh dari peternakan ayam di Kenya yang ayam dapat “tahan kekeringan” dan “tahan panas”, inovasi tersebut sebagai bentuk adaptasi terhadap kondisi iklim di Afrika saat ini.

Dilansir dari Reuters, juru bicara Bill & Melinda Gates Foundation membantah bahwa Bill Gates meminta kepada para pemerintah yang hadir pada KTT Iklim Afrika 2023 untuk mengganti makanan asli (real food) dengan makanan GM (Genetically Modified Food).

Diketahui Bill Gates sedang mengembangkan Lab-Grown Meat, sumber makanan hewani yang dikembangkan di lab dan sudah disetujui oleh Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA). Namun hal tersebut sudah beberapa kali dijadikan bahan hoaks dengan informasi yang keliru dan sudah dibantah pada laman turnbackhoax.id.

Dengan demikian, mengganti makanan asli dengan makanan Modifikasi Genetika merupakan solusi melawan Global Boiling dari Bill Gates adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.reuters.com/fact-check/bill-gates-didnt-order-governments-use-only-gm-food-summit-2023-12-19/

https://www.gatesnotes.com/African-Smallholder-Farmers-Adaptation-and-Innovation

https://finance.yahoo.com/news/bill-gates-backed-lab-grown-195311408.html

= = =