[SALAH] Video Brokoli Produksi Laboratorium Bill Gates

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya video tersebut dibuat oleh Russel Cameron yang merupakan seorang artist dan creator. Perwakilan dari Bill & Melinda Gates Foundation mengatakan bahwa klaim pada video tersebut yang dikaitkan dengan Bill Gates adalah tidak benar.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Twitter

https://ghostarchive.org/archive/1cy73

= = =

Narasi:

“Bill Gates’ Artificial Products: Broccoli, an artificial plant produced in laboratories.  It is one of the products that Bill Gates calls healthy”

Terjemahan:

“Produk Buatan Bill Gates: Brokoli, tanaman buatan yang diproduksi di laboratorium. Ini adalah salah satu produk yang disebut Bill Gates sehat”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video brokoli yang terlihat sudah tidak segar dan berjamur disuntikkan cairan, kemudian brokoli tersebut bergerak seperti menunjukkan reaksi setelah disuntik. Video tersebut diklaim merupakan brokoli dari tanaman buatan yang diproduksi laboratorium Bill Gates.

Setelah ditelusuri faktanya video tersebut adalah hasil rekayasa seniman Russel Cameron untuk keperluan konten, pada laman bio akun Instagramnya, Russel menyatakan bahwa dirinya merupakan seorang artist dan creator.

Dilansir dari Reuters.com, perwakilan dari Bill & Melinda Gates menyebut bahwa klaim yang mengaitkan laboratorium Bill Gates dengan video tersebut adalah tidak benar. Diketahui Bill Gates memang sedang mengembangkan makanan yang dikembangkan melalui laboratorium (Lab-Grown), dan sudah mendapatkan izin dari Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA).

Dengan demikian, video brokoli produksi laboratorium Bill Gates adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.reuters.com/fact-check/video-twitching-broccoli-is-food-art-not-gates-lab-grown-produ-2023-12-15/

https://finance.yahoo.com/news/bill-gates-backed-lab-grown-195311408.html

= = =