[SALAH] Raffi Ahmad Merapat Ke Barisan Timnas Anies

Hasil periksa fakta Dyah Febriyani

Informasi tidak benar. Dalam video TikTok yang beredar tersebut, tidak ditemukan pernyataan Raffi Ahmad bahwa ia bergabung dengan Tim Nasional Pemenangan Anies- Muhaimin.

[KATEGORI]
Konten yang Menyesatkan

[SUMBER]
TikTok
https://archive.cob.web.id/archive/1702824343.665788/index.html

[NARASI]
“makin keren 3 artis ini salah satunya Raffi Ahmad merapat ke timnas amin”

[PENJELASAN]
Sebuah akun TikTok mengunggah video yang mengklaim ada tiga artis ibu kota yang bergabung dengan tim nasional pemenangan Anies Baswedan. Tiga artis tersebut diantaranya Raffi Ahmad, Desta, dan juga Ariel Noah. Video terbaru menampilkan foto ketiganya sedang berpelukan. Pengunggah memberikan narasi “SIAPA SANGKA RAFFI AHMAD MERAPAT KE BARISAN TIMNAS AMIN” pada unggahah yang mendapat like 30 ribu akun TikTok.

Setelah dilakukan penelusuran dengan melihat secara utuh isi video klaim, ternyata tidak ditemukan pernyataan Raffi Ahmad terkait bergabung ke timnas Anies.  Ternyata, foto dalam video tersebut merupakan unggahan Instagram Raffi Ahmad pada 22 November 2023. Dalam unggahan tersebut Raffi mengatakan bahwa ia menantang Ariel Noah untuk duel tinju.

Klaim tentang Raffi Ahmad bergabung dengan timnas Anies beberapa kali muncul di media sosial dengan konten atau narasi yang beragam. Turnbackhoax.id pernah menulis artikel debunkingnya pada tanggal 06 Desember 2023 lalu dan pada 31 Oktober 2023. Kedua artikel tersebut menyatakan bahwa klaim itu adalah hoaks.

Dilansir dari CNNIndonesia.com, juru Bicara Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) Billy David menegaskan bahwa kabar Raffi Ahmad masuk dalam struktur pemenangan tidak benar alias hoaks.

[REFERENSI]
https://turnbackhoax.id/2023/12/06/salah-video-raffi-ahmad-mendukung-amin/

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20231129205129-617-1030752/jubir-raffi-ahmad-gabung-timses-anies-muhaimin-hoaks/amp

https://turnbackhoax.id/2023/10/31/salah-ramzi-berhasil-ajak-raffi-ahmad-untuk-mendukung-anies-baswedan/

https://www.grid.id/amp/043950574/bakal-duel-tinju-ariel-noah-ungkap-sudah-kenal-raffi-ahmad-sejak-remaja-dan-tetangga-satu-kampung-kenal-dari-masih-celana-pendek?page=all

https://www.instagram.com/reel/Cz8pAWOPKVR/?igshid=ODhhZWM5NmIwOQ==