[SALAH] Foto Burung Elang Dari Depan

Hasil periksa fakta Dyah Febriyani

Foto tersebut hasil manipulasi. Peneliti Pusat Riset Biosistematika dan Evolusi Badan Riset dan lnovasi Nasional (BRIN) Hidayat Ashari menjelaskan, foto yang tersebar di media sosial dipastikan hasil pengeditan.

[KATEGORI]
Parodi

[SUMBER]
TikTok
https://archive.cob.web.id/archive/1703119949.388703/index.html

[NARASI]
“Inilah Salah Satu Alasan Mengapa Elang Selalu Difoto Dari Samping”

[PENJELASAN]
Sebuah akun TikTok mengunggah foto burung elang tampak dari samping dan tampak dari depan. Foto tersebut menunjukkan adanya perbedaan yang cukup jauh jika elang difoto dari depan. Foto di sebelah kiri menampilkan elang dari posisi yang terlihat paruhnya yang tajam. Sedangkan foto sebelah kanan menampilkan elang dari posisi depan yang muka elang menyerupai seperti manusia. Faktanya, sudah dipastikan jika foto tersebut hasil manipulasi.

Dilansir dari Kompas.com, Peneliti Pusat Riset Biosistematika dan Evolusi Badan Riset dan lnovasi Nasional (BRIN) Hidayat Ashari menjelaskan, foto yang tersebar di media sosial dipastikan hasil pengeditan. Menurut Hidayat, sebagai pemangsa, burung predator ini harus mencari buruan dari jarak jauh. Oleh karena itu, struktur mata hewan ini, mulai dari kornea, iris, serta bagian lainnya mengalami perkembangan. Sedangkan foto elang dari depan terlihat mata elang yang tidak lebar.

Setelah dilakukan penelusuran Google dengan kata kunci “foto elang dari depan” ditemukan beberapa foto yang terlihat jelas penampakan asli elang jika difoto dari depan. Seperti foto yang diunggah istockphoto.com, foto itu memperlihatkan foto elang dari depan dengan mata yang bulat besar sejajar dengan paruh elang yang besar dan runcing.

Dengan demikian, foto burung elang dari depan yang menyerupai manusia adalah salah. Unggahan tersebut termasuk dalam kategori konten parodi.

[REFERENSI]
https://www.kompas.com/tren/read/2023/11/06/203000365/gambar-elang-selalu-diambil-dari-samping-karena-bentuk-wajahnya-benarkah-

https://www.istockphoto.com/id/foto/elang-botak-gm108269558-9787293.

https://www.popmama.com/community/groups/life/random-chat/40-kumpulan-foto-elang-dari-depan-keren-banget