[SALAH] Video Gus Miftah menyuap Abah Kirun

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Video Gus Miftah menyuap Abah Kirun merupakan hoaks hal tersebut dikatakan oleh Abah Kirun dan penyelenggara pengajian. Faktanya, amplop coklat yang dimaksud merupakan titipan penyelenggara pengajian untuk santri yang di titipkan kepada Gus Miftah bukan amplop untuk menyogok Abah Kirun.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1703174395.884815/index.html

= = = = =

NARASI:
“Abah kirun sangat tegas menolak suap dari Gus meftah
Abah Kirun timses amin”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Tiktok ngatimanbatu memposting sebuah video berdurasi 12 detik. Dalam video di sertai klaim bahwa Abah Kirun sangat tegas menolak suap dari Gus Miftah.

Setelah ditelusuri pada akun Instagram Gus Miftah ditemukan beberapa video yang membahas perihal amplop coklat. Video pertama klarifikasi pihak panitia pengajian Gus Miftah yang diselenggarakan pada tanggal 2 November 2023 menyatakan bahwa video tuduhan Gus Miftah yang seolah Gus Miftah memberikan amplop kepada Abah Kirun untuk tidak mendung paslon Amin adalah fitnah besar. Amplop cokelat yang diserahkan oleh panitia merupakan pemberian penyelenggara pengajian kepada santri yang dititipkan melalu Gus Miftah sebagai ucapan terimakasih atas kehadiran Gus Miftah di pengajian bukan pemberian Gus Miftah kepada Abah Kirun.

Hal yang sama dikeluarkan oleh Abah Kirun dalam video lainnya di akun Instagram Gus Miftah. Dalam video tersebut Abah Kirun mengklarifikasi bahwa informasi Gus Miftah menyogok Abah Kirun merupakan informasi yang tidak benar.

Dengan demikian klaim video Gus Miftah menyuap Abah Kirun merupakan hoaks. Amplop coklat yang dimaksud merupakan titipan penyelenggara pengajian untuk santri yang di titipkan kepada Gus Miftah bukan amplop untuk menyogok Abah Kirun, sehingga masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.instagram.com/reel/C1EHa4FrKsB/?igsh=ampnNjNpODRobnoz
https://www.instagram.com/p/C1FFauaJlZS/