[SALAH] PRABOWO TOLAK BERSALAMAN DENGAN ANIES GARA-GARA KALAH DEBAT

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Judul, thumbnail dan isi video tidak berkaitan. Tidak ditemukan informasi dalam video terkait Prabowo menolak bersalaman dengan Anies. Dalam video hanya menampilakan beberapa cuplikan yang tidak mendukung klaim narasi.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1702657982.914463/index.html (Facebook)

=======

[NARASI]:
M3m4n4s prabowo tak terima gara – gara diruj4k anies saat deb4t, sampe n3k4t begini.

BREAKING NEWS!!!
TAK DILIPUT TV!!! PRABOWO TOLAK SALAMI ANIES GARA2 KALAH DEBAT

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari halaman facebook bernama Mindblowiing bernarasikan Prabowo tolak bersalaman dengan Anies gara-gara kalah dalam debat capres. Narasi tersebut diperkuat dengan thumbnail yang menampilkan Anies sedang bersalaman dengan Ganjar bukan Prabowo.

Setelah ditelusuri, Thumbnail tersebut diambil ketika momen berjabat tangan ketika capres dan cawapres memasuki ruang debat pada debat capres pertama yang dilangsungkan di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa, 12 Desember 2023.

Momen capres dan cawapres berjabat tangan tersebut dapat disaksikan di salah satu video channel youtube resmi KOMPASTV JATENG dengan judul “Paslon Capres Cawapres Saling Berjabat Tangan”. Video tersebut merekam momen saling berjabat tangan capres dan cawapres termasuk Prabowo dan Anies.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari antaranews.com berjudul “Prabowo nilai putusan MK soal usia capres-cawapres bersifat final”.

Dalam artikel tersebut maambahas tentang pertanyaan Anies kepada Prabowo terkait putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor  90/PU-XXI/2003 soal batas usia dan syarat calon presiden dan wakil presiden.

Dengan demikian, klaim narasi yang menyatakan Prabowo tolak bersalaman dengan Anies gara-gara kalah dalam debat adalah keliru dan termaasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/12/15/125333982/hoaks-prabowo-tolak-bersalaman-dengan-anies-saat-debat-capres#google_vignette

https://www.antaranews.com/berita/3868653/prabowo-nilai-putusan-mk-soal-usia-capres-cawapres-bersifat-final