[SALAH] JUDUL ARTIKEL LIPUTAN6 “PRESIDEN ISRAEL: BILA TERUS IKUT CAMPUR, KAMI BERJANJI AKAN BUAT INDONESIA SEPERTI PALESTINA”

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya pada tanggal 20 Desember 2017 Liputan6.com tidak menayangkan artikel berjudul “Presiden Israel: Bila Terus Ikut Campur, Kami Berjanji Akan Buat Indonesia Seperti Palestina”.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1701537278.323052/index.html (Instagram)

=======

[NARASI]:
Gambar tangkapan layar yang menampilkan judul artikel Liputan6.com terkait ancama Presiden Israel akan menjadikan Indonesia seperti Palestina apabila terus ikut campur.

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video di media sosial Intagram dari akun dengan nama pengguna mini_chartini yang menampilkan gambar tangkapan layar artikel Liputan6.com berjudul “Presiden Israel: Bila Terus Ikut Campur, Kami Berjanji Akan Buat Indonesia Seperti Palestina” yang diunggah pada Rabu, 20 Desember 2017.

Setelah dilakukan pencarian di situs Liputan6.com, pada tanggal 20 Desember 2017 tidak ditemukan aritikel dengan judul “Presiden Israel: Bila Terus Ikut Campur, Kami Berjanji Akan Buat Indonesia Seperti Palestina”.

Liputan6.com juga telah membantah narasi terkait Presiden Israel mengancam akan menjadikan Indonesia seperti Palestina jika terus ikut campur melalui artikel cek faktanya yang berjudul “Cek Fakta: Tidak Benar Pernyataan Presiden Israel Ancam Membuat RI Seperti Palestina Jika Terus Ikut Campur”.

Hoax serupa sudah banyak beredar sebelumnya, turnbackhoax.id juga sudah pernah membahas di salah satu artikel berjudul “[SALAH] Presiden Israel Ancam Akan Buat Indonesia Seperti Palestina Jika terus Ikut Campur”.

Beberapa cuplikan video dan gambar yang ditampilkan dalam video klaim tersebut juga sebelumnya sudah pernah beredar di internet.

Dengan demikian, gambar tangkapan layar artikel Liputan6.com berjudul “Presiden Israel: Bila Terus Ikut Campur, Kami Berjanji Akan Buat Indonesia Seperti Palestina” tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/12/02/130300482/-hoaks-judul-artikel-presiden-israel-ancam-jadikan-indonesia-seperti

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4312492/cek-fakta-tidak-benar-pernyataan-presiden-israel-ancam-membuat-ri-seperti-palestina-jika-terus-ikut-campur?page=2