[SALAH] Presiden Israel: Bila Terus Ikut Campur, Kami Berjanji Akan Buat Indonesia Seperti Palestina

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Pernyataan tersebut tidak benar. Tidak ditemukan pernyataan resmi Presiden Israel yang menyebut akan membuat Indonesia seperti Palestina. Klaim pernyataan serupa sudah lama beredar sejak tahun 2017.

===========
[KATEGORI]

Konten Menyesatkan

===========
[SUMBER]

TikTok
https://archive.cob.web.id/archive/1681031081.453737/singlefile.html

========
[NARASI]

“Presiden Israel : Presiden Israel: Bila Terus Ikut Campur, Kami Berjanji Akan Buat Indonesia Seperti Palestina”

=============
[PENJELASAN]

Sebuah video menampilkan kutipan teks berisi pernyataan Presiden Israel yang akan membuat Indonesia seperti Palestina beredar di Tiktok. Dalam video itu tampak Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu berjabat tangan dengan Joe Biden. Pengunggah menambahkan narasi “bila terus ikut campur, kami berjanji akan buat Indonesia seperti Palestina.” faktanya, video tersebut tidak benar.

Foto tokoh dalam video merupakan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu saat bertemu Presiden Amerika Joe Biden pada 20 Maret 2023. Presiden Joe mengungkapkan “keprihatinan” atas rencana perombakan sistem peradilan negara yang telah memicu protes luas di seluruh Israel dan untuk mendorong kompromi.

Dilansir dari kominfo.go.id, informasi keliru serupa pernah muncul di tahun 2017. Sebuah tangkapan layar artikel dari Tirastime beredar dengan judul yang telah dimanipulasi. Hasil cek fakta saat itu, menyimpulkan bahwa tidak ditemukan informasi dari otoritas resmi maupun pemberitaan media arus utama yang menyebutkan adanya ancaman dari Rivlin bahwa Indonesia akan dibuat seperti Palestina jika terus ikut campur.

Dengan demikian, video TikTok yang telah di lihat oleh 5,5 juga akun itu adalah salah. Informasi dalam tayangan tersebut merupakan konten yang menyesatkan.

===========
[REFERENSI]

https://abcnews.go.com/Politics/wireStory/biden-calls-israels-netanyahu-judicial-plan-concern-97975420

https://www.kominfo.go.id/content/detail/28069/disinformasi-presiden-israel-bila-terus-ikut-campur-kami-berjanji-akan-buat-indonesia-seperti-palestina/0/laporan_isu_hoaks

https://cekfakta.tempo.co/fakta/901/fakta-atau-hoaks-benarkah-presiden-israel-janji-bikin-indonesia-seperti-palestina-jika-terus-ikut-campur