[SALAH] AKUN UNHCR INDONESIA MINTA PEMERINTAH INDONESIA BERIKAN RUMAH, MAKAN, DAN KTP UNTUK RAKYAT ROHINGYA

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Akun palsu, melalui akun instagram resminya UNHCR telah membantah bahwa postingan tersebut bukan dari akun resmi UNHCR Indonesia.

=======

[KATEGORI]: Konten Tiruan
=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1702567180.976175/index.html (Tiktok)

=======

[NARASI]:
semoga rakyat rohingya bisa di terima masyarakat Indonesia, dan pemerintah bisa berikan dia rumah, makan dan tempat tinggal, dan buat KTP Indonesia.

Anak Indonesia Berjuang Mencari Makan, Warga Indonesia Berjuang Mencari Makan, Rohingya Tinggal Makan, Hhhmmm Yummii #unhcr #anakindonesia #pejuangrupiah #wargamiskin #rohingya #makan

=======

[PENJELASAN]:
Akun tiktok dengan nama pengguna fitridong membagikan sebuah video yang menampilkna gambar postingan United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) Indonesia meminta pemerintah Indonesia menyediakan rumah, makanan dan KTP untuk rakyat Rohingya.

Setelah ditelusuri, melalui akun instagram resminya @unhcrindonesia membagikan sebuah unggahan yang membantah postingan yang beredar tersebut.

Dalam postingan yang diunggah pada 11 Desember 2023 terdapat pernyataan sebagai berikut:
“Mohon bijak dalam memproses informasi di internet karena komentar-komentar ini bukan dari akun resmi UNHCR Indonesia. Ikuti perkembangan info terbaru dari akun-akun resmi @UNHCRIndonesia yang berupaya menemukan solusi terbaik untuk semua bersama pemerintah Republik Indonesia.”

Postingan tersebut juga memuat beberapa kanal resmi UNHCR Indonesia yakni:
Website: https://www.unhcr.org/id/
Twitter/X: @UNHCRIndo
Instagram: @UNHCRIndonesia
Facebook: UNHCR Indonesia
Tiktok: @unhcrindonesia

Dengan demikian, klaim narasi yang sebarkan olah akun tiktok fitridong adalah keliru dan termasuk ke dalam kategori konten palsu.

=======

[REFERENSI]:
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5477567/cek-fakta-hoaks-akun-unhcr-minta-pemerintah-ri-sediakan-rumah-ktp-dan-makanan-bagi-rakyat-rohingya?page=3

https://www.instagram.com/p/C0nTcC9Pau0/?hl=id&img_index=1