[SALAH] GANJAR TANTANG GIBRAN DEBAT TERBUKA

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya tidak ditemukan informasi terkait Ganjar yang menantang Gibran untuk debat terbuka. Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi, beberapa cuplikan yang ditampilkan dalam video juga tidak berkaitan dengan narasi.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1702567918.081652/index.html (Facebook)

=======

[NARASI]:
Ganjar T4ntang Gibr4n Deb4t Terbuka, Putra Jokowi Ka1angkabut Terlihat Ket4kutan

BREAKING NEWS
GANJAR TANTANG GIBRAN PERANG!!
PUTRA JOKOWI KALANGKABUT TERLIHAT KETAKUTAN

=======

[PENJELASAN]:
Beredar debuah video dari halaman facebook bernama Parameter Major dengan narasi yang mengklaim bahwa Ganjar menantang Gibran untuk debat secara terbuka.

Setelah dilakukan penelusuran, thumbnail yang menampilkan Ganjar, Mahfud MD, Gibran dan Prabowo merupakan hasil manipulasi. Beberapa cuplikan yang ditampilkan dalam video tersebut juga tidak mendukung klaim narasi yang beredar.

Cuplikan awal video yang menampilkan Pembina Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Titi Anggraini identik dengan video yang diunggah oleh channel youtube resmi KOMPASTV dengan judul “Perludem Kritik Keputusan KPU yang Tiadakan Debat Khusus Cawapres di Pemlu 2024”.

Dalam video tersebut Titi mengkritik kebijakan KPU yang meniadakan debat khusus untuk cawapres. Menurut Titi, kebijakan tersebut membuat munculnya spekulasi bahwa KPU berpihak pada salah satu pasangan calon.

Narasi yang dibacakan dalam video tersebut bersumber dari artikel seword.com berjudul “Katanya Biarkan Rakyat Menilai, Waktu Mau Dinilai Malah Ciut, Emang Boleh Se Gibran Itu?” yang dimuat pada 7 Desember 2023.

Artikel tersebut membahas tentang Gibran yang kerap tidak hadir dalam sejumlah acara diskusi terkait Pilpres 2024.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim narasi yang menyatakan Ganjar menantang Gibran untuk debat secara terbuka tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/12/14/093601182/hoaks-ganjar-tantang-gibran-debat-secara-terbuka#google_vignette

https://seword.com/politik/katanya-biarkan-rakyat-menilai-waktu-mau-dinilai-z4PxmQ7niu