[SALAH] Posisi Gibran Sebagai Cawapres Secara Sah Telah Diganti

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video yang mengklaim bahwa Gibran Rakabuming gagal menjadi Cawapres dan posisinya telah digantikan oleh pihak lain merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, narator dalam video hanya membaca ulang dua artikel mengenai dukungan masyarakat kepada Ganjar-Mahfud.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1702366234.485723/index.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “GEMPAR SORE INI || KETUA MK ANGKAT BICARA, SAHH GANTIKAN POSISI GIBRAN DGN SOSOK INI JD CAWAPRES”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube KABAR NEWS (@kabarnews672) pada 3 Desember 2023 mengunggah video dengan judul dan thumbnail yang mengklaim bahwa Gibran Rakabuming telah gagal menjadi Cawapres dalam Pilpres 2024. Posisinya sebagai Cawapres secara sah telah diberikan ke pihak lain sesuai keputusan Mahkamah Konstitusi.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya narator dalam video hanya membaca ulang dua artikel mengenai dukungan politik yang diberikan kepada pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Pertama, artikel berjudul “Ratusan Warga Di Sukabumi Deklarasi Dukung Ganjar-Mahfud”. Dalam artikel, diberitakan bahwa ratusan warga Sukabumi yang tergabung dalam Baraya Sukabumi menggelar deklarasi dukungan untuk pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar-Mahfud.

Sumber: rm.id

Kedua, artikel berjudul “Sempat Dukung AMIN, Tokoh Besar Madura Ini Pindah Haluan Dukung Ganjar, Efek Mahfud MD Cawapres?”. Dalam artikel, diberitakan mengenai tokoh besar Madura bernama H. M. Rawi yang sempat mendukung pasangan Anies-Muhaimin, namun kemudian menyatakan pindah haluan mendukung pasangan Ganjar-Mahfud.

Sumber: Jatim Tribun News

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube KABAR NEWS merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://rm.id/baca-berita/nasional/198936/ratusan-warga-di-sukabumi-deklarasi-dukung-ganjarmahfud
https://www.liputan6.com/pemilu/read/5465914/baraya-sukabumi-deklarasi-dukung-ganjar-mahfud-di-pilpres-2024?page=2
https://jatim.tribunnews.com/2023/10/18/sempat-dukung-amin-tokoh-besar-madura-ini-pindah-haluan-dukung-ganjar-imbas-mahfud-md-jadi-cawapres