[SALAH] Prabowo : “Saya mengatakan saya tidak minta dukungan dari para kyai, para ulama, para santri dan sebagainya. Saya tidak minta dukungan. Tolong dicatat dan direkam”

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta). 

Video pada Tiktok merupakan audio yang tidak utuh atau hasil potongan. Audio pidato Prabowo yang asli adalah Prabowo tidak minta dukungan dari para ulama, kyai dan santri, namun dalam hati Prabowo berharap dukungan dari para ulama serta kyai.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten menyesatkan

= = = = =

SUMBER: Tiktok
https://archive.cob.web.id/archive/1702102029.30915/index.html

= = = = =

NARASI:
“Semakin hari kita diperlihatkan dengan tingkah laku Prabowo yang sebenarnya beliau tampak sangat sombong dan merasa dirinya paling hebat. Bahkan dalam pidatonya Prabowo mengatakan bahwa dirinya tidak membutuhkan dukungan dari para ulama, kiai hingga para santri. (Narator)

“Saya mengatakan saya tidak minta dukungan dari para kyai, para ulama, para santri dan sebagainya. Saya tidak minta dukungan. Tolong dicatat dan direkam. Saya mengatakan saya tidak minta dukungan. Saya tidak minta dukungan. Saya tidak minta dukungan dari para kyai, para ulama, para santri dan sebagainya. Saya tidak minta dukungan.Tolong dicatat dan direkam.” (Prabowo)

“Ucapan tersebut membuktikan bahwa Prabowo merasa dirinya paling hebat, dan mampu menguasai Indonesia tanpa bantuan siapapun. Sikap yang dimiliki Prabowo ini di nilai tidak pantas dimiliki oleh seorang pemimpin. Sebagai calon presiden seharusnya Prabowo bisa menjaga sikap dan ucapan sehingga tidak ada pihak yang tersinggung. Namun sepertinya hal tersebut tidak dapat dihindarkan lantaran sifat sombong tersebut sudah mendarah daging pada diri Prabowo” (Narator)

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Tiktok yokiofficial99 memposting sebuah video berdurasi 1 menit 23 detik, pada awal video narator menyebutkan bahwa tingkah laku Prabowo nampak sombong dan paling hebat karena dalam pidato Prabowo mengatakan tidak butuh dukungan dari para ulama, kyai dan santri. Di tengah video juga terdengar suara Prabowo yang mengatakan dirinya tidak meminta dukungan dari para ulama, kyai dan santri. Di Akhir video narator menambahkan dari ucapan Prabowo membuktikan Prabowo merasa paling hebat dan mampu menguasai Indonesia tanpa bantuan siapapun. Narator menggiring bahwa sikap Prabowo tidak pantas menjadi pemimpin.

Setelah ditelusuri pada Google dengan kata kunci “Prabowo tidak minta dukungan para ulama” ditemukan video yang identik pada akun Tiktok Radar Semarang dengan caption “Prabowo tidak minta dukungan dari para kyai, para santri, para ulama. Tapi…..

#prabowosubianto #capres2024 #santri #ulama #tiktokberita #radarsemarang.” Jika disimak dalam video pidato asli Prabowo mengucapkan bahwa tidak minta dukungan namun dalam hati Prabowo berharap dukungan para ulama dan kyai. Berikut yang dikatakan Prabowo secara lengkap:

“Saya mengatakan saya tidak minta dukungan dari para kyai, para ulama, para santri dan sebagainya. Saya tidak minta dukungan. Tolong dicatat dan direkam. Tapi tunggu, tunggu, tunggu. Tapi kalau di dalam hati saya, saya berharap dukungan kan boleh. Iya Bu?

Kan kalau di dalam hati diam-diam berharap, kan boleh. Jadi nggak melanggar apa-apa. Jadi saya tidak minta dukungan, tapi dalam hati saya, hati yang paling dalam, saya sungguh-sungguh berharap dukungan para ulama para kiai.

Dan tidak hanya berharap dukungannya justru berharap doanya, doanya ulama itu luar biasa. Saya percaya sekali, karena saya sering dalam pertempuran tidak tahu bagaimana saya lolos. Terus terang saja, saya berdiri di sini sudah dapat bonus terlalu banyak oleh Yang Maha Kuasa.

Karena itu saya hanya mau berbakti, hanya mau mengabdi, hanya mau berbuat yang terbaik untuk bangsa dan negara. Dalam kapasitas apa pun saya akan berbuat untuk bangsa dan negara.”

Dengan demikian video dengan Tiktok merupakan hasil potongan. Audio pidato Prabowo yang asli adalah Prabowo tidak minta dukungan dari para ulama, kyai dan santri namun dalam hati Prabowo berharap dukungan dari para ulama serta kyai, sehingga hal tersebut masuk dalam kategori konten menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.tiktok.com/@jpradarsemarang/video/7236729964358307077
https://www.barometerjatim.com/news-8225-kunjungi-ponpes-di-jatim-prabowo-tolong-dicatat-saya-tidak-minta-dukungan-kiai-tapi-berharap-kan-boleh