[SALAH] WARGA MADURA SIAPKAN 1000 BALIHO ANIES UNTUK MENYAMBUT KEDATANGAN MAHFUD MD DI PAMEKASAN

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya tidak ditemukan pemberitaan terkait warga Madura menyiapkan 1000 baliho Anies Baswedan untuk menyambut kedatangan Mahfud MD di Pamekasan. Video dalam klaim tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak ada kaitannya dengan klaim narasi yang beredar.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1700537151.65629/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
Bukan mainWarga Madura siapkan 1000 baliho Anies untuk menyambut kedatangan Mahfud md di Pamekasan

MENGGEMPARKAN……
1000 BALIHO ANIES SIAP TERPASANG DI MADURA UNTUK MENYAMBUT KEDATANGAN MAHFUD MD

=======

[PENJELASAN]:
Beredar video dari channel youtube bernama NEGARA POLITIK yang menampilkan thumbnail beberapa orang berdiri di depan baliho Anies Baswedan dengan narasi yang menyatakan bahwa warga Madura menyiapkan 1000 baliho Anies Baswedan untuk menyambut kedatangan Mahfud MD di Pamekasan.

Setelah ditelusuri, tidak ada informasi valid yang mendukung klaim yang beredar. Video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan ulang artikel dari jpnn.com berjudul “Ganjar Gaet Mahfud, Warga Madura Tetap Pilih Anies” yang dimuat pada 18 Oktober 2023.

Dalam artikel tersebut membahas tentang Ketua Umum DPP Aliansi Madura Nasional (AMAN) Satu Hati H. Suli yang mengeklami bahwa Anies lebih disukai di Madura ketimbang Mahfud MD yang putera asli Pulau Garam tersebut.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim narasi yang menyatakan warga Madura menyiapkan 1000 baliho Anies Baswedan untuk menyambut kedatangan Mahfud MD di Pamekasan tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://m.jpnn.com/news/ganjar-gaet-mahfud-warga-madura-tetap-pilih-anies