[SALAH] Jokowi Temui CEO Tiktok untuk Kondisikan Algoritma Prabowo-Gibran

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Narasi yang beredar tersebut adalah artikel yang mencatut nama Tirto.id dan Yayasan Kurawal. Keduanya mengkonfirmasi tidak pernah menerbitkan e-book bertajuk “Melanggengkan Dinasti Jokowi: Lupakan Netralitas Korbankan Rekan Sejawat”, yang belakangan tersebar melalui media sosial.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://archive.ph/DOes4 (Twitter)

=====

[NARASI]:

“Biar info ini jelas , saya izin Cc
@jokowi

Benarkah ini….????
Tolong di jawab biar rakyat tau.

Jangan di jawab ..awokawoawoawo.. :face_with_rolling_eyes:

=====

[PENJELASAN]:

Akun Twitter/X @FaGtng mengunggah cuitan yang melampirkan tangkapan layar narasi Presiden Joko Widodo temui CEO Tiktok. Dalam artikel tersebut berisi narasi dengan upaya untuk meminta mengondisikan posisi pasangan calon presiden Prabowo Subianto dan calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka di media sosial TikTok.

Setelah ditelusuri, tangkapan layar yang dilampirkan tersebut adalah bagian dari e-book yang beredar dengan mencatut nama Tirto dan Yayasan Kurawal. Baik Tirto maupun Kurawal telah mengonfirmasi tidak pernah menerbitkan e-book bertajuk “Melanggengkan Dinasti Jokowi: Lupakan Netralitas Korbankan Rekan Sejawat”.

Tirto dan Kurawal memang pernah bekerja sama menerbitkan dokumen e-book terkait politik keluarga besar Jokowi menjelang Pilkada Serentak 2020. Namun, isi dokumen tersebut berbeda dengan yang terbit belakangan ini.

Dokumen berjudul tersebut memuat sejumlah narasi terkait upaya melanggengkan dinasti Jokowi. Pada laporan 22 halaman tersebut, tak hanya Presiden Jokowi dan anggota Polri yang dibahas, tapi juga kaitan mereka dengan pasangan calon presiden-wakil presiden (capres-cawapres) Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka.

Selain itu, dalam artikel tersebut juga manampilkan tangkapan layar berita dari Detik dengan judul “CEO TikTok Mau Ketemu Jokowi, Bahas e-Commerce Pengganti TikTok Shop” dan Liputan6 dengan judul “Berkat TikTok, Anak Mantan Diktator Ferdinand Marcos Jr Unggul Pilpres Filipina 2022.” Kedua artikel ini tidak memiliki kaitan dengan narasi yang beredar tersebut.

=====

[REFERENSI]:

– https://infopublik.id/kategori/cek-fakta/802608/cek-fakta-presiden-jokowi-bertemu-ceo-tiktok-untuk-kondisikan-algoritma-prabowo-gibran
– https://tirto.id/hoaks-dokumen-konspirasi-pemilu-kutip-tirto-dan-kurawal-gSEP
– https://www.detik.com/bali/bisnis/d-6999223/ceo-tiktok-mau-ketemu-jokowi-bahas-e-commerce-pengganti-tiktok-shop
– https://www.liputan6.com/global/read/4959141/berkat-tiktok-anak-mantan-diktator-ferdinand-marcos-jr-unggul-pilpres-filipina-2022