[SALAH] Video Jurnalis Israel Tewas Ditabrak Helikopter

Hasil periksa fakta Dyah Febriyani

Informasi tidak benar. Jurnalis wanita pada video bukan  jurnalis Israel. Video dramatis itu diambil pada tahun 2018 di Azerbaijan. Video asli lengkapnya jurnalis tidak tewas ditabrak helikopter.

[KATEGORI]
Konten yang Menyesatkan

[SUMBER]
TikTok
https://archive.cob.web.id/archive/1700641074.215016/index.html

[NARASI]
” jurnalis Israel news”

[PENJELASAN]
Beredar sebuah video TikTok yang menampilkan seorang jurnalis wanita tengah melakukan siaran berita di landasan pendaratan helikopter. Video tersebut diklaim sebagai jurnalis Israel yang kemudian tewas karena ditabrak helikopter. Dalam cuplikan video, ditanyangkan pula peti mati yang diselimuti bendera Israel, seolah-olah meyakinkan bahwa jurnalis tersebut telah tewas. Faktanya, klaim tersebut tidak benar.

Setelah dilakukan penelusuran Google Image Search, ditemukan video yang identik dengan klaim di atas. Video aslinya bukan terjadi pada Jurnalis Israel melainkan Jurnalis asal Azerbaijan, yang sedang meliput presentasi Angkatan Darat Azerbaijan pada tahun 2018.

Berdasarkan tayangan lengkap video pada kanal YouTube Turan Hasanli, jurnalis Azerbaijan tersebut tidak tertabrak Helikopter. Padahal helikopter lewat begitu dekat dengan sang jurnalis sehingga salah satu baling-balingnya nyaris terkena kepalanya.

Dengan demikian video TikTok yang mengklaim jurnalis Israel tewas tertabrak Helikopter adalah tidak benar. Cuplikan video yang ditampilkan tidak sesuai dengan video aslinya. Dengan demikian video tersebut termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

[REFERENSI]
https://vt.tiktok.com/ZSNuoorhe/

https://www.clarin.com/sociedad/video-viral-periodista-muere-decapitada-helicoptero_0_H1aU1Gdzm.html

https://youtu.be/9foJSfY3ouM?si=3DUaEt7YnDZoK5dv

https://www.rt.com/news/431312-azerbaijan-helicopter-video-journalist/