[SALAH] Polisi Pemberantasan Korupsi Resmi Mengumumkan Status Tersangka Gibran Rakabuming Raka

Hasil periksa fakta Dyah Febriyani

Hoaks terkait Gibran ditangkap KPK telah beredar sejak 2022. Dilansir dari Liputan6.com, KPK membantah video hoaks penangkapan Gibran Rakabuming. Mereka menyebut informasi yang beredar adalah tidak benar.

[KATEGORI]
Konten yang Menyesatkan

[SUMBER]
Whatsapp
https://archive.cob.web.id/archive/1700927355.073563/index.html

[NARASI]
“Polisi Pemberantasan Korupsi Resmi Mengumumkan Status Tersangka Gibran Rakabuming Raka “

[PENJELASAN]
Sebuah klaim tentang Gibran ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) banyak beredar di media sosial. Klaim itu menyebutkan bahwa Gibran tersandung kasus korupsi dana hibah dan bantuan sosial senilai 7,8 triliun Rupiah. Bahkan dalam video yang beredar, dijelaskan KPK telah mengamankan uang hasil korupsi Gibran. Faktanya, klaim tersebut tidak benar.

Dilansir dari liputan6.com, KPK membantah video hoaks penangkapan Walikota Solo sekaligus putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming. Mereka menyebut informasi yang beredar adalah tidak benar. KPK mengeluarkan bantahan pada 24 Januari 2023 dalam laman resminya, kpk.go.id. Mereka menyatakan video yang beredar terkait penangkapan itu membentuk narasi yang tidak benar dengan mengutip sebagian pernyataan pimpinan dan juru bicara KPK.

Beberapa informasi terkait hoaks Gibran korupsi pernah diulas turnbackhoax.id sebanyak 2 kali. Dalam informasi yang salah itu, pembuat hoaks memberikan narasi yang menyesatkan hingga melakukan manipulasi gambar seolah-olah Gibran telah ditangkap KPK karena korupsi.

[REFERENSI]
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5190070/cek-fakta-tidak-benar-video-gibran-rakabuming-ditangkap-kpk

https://www.kominfo.go.id/content/detail/47035/hoaks-kpk-menangkap-wali-kota-solo-gibran/0/laporan_isu_hoaks

https://turnbackhoax.id/2023/01/20/salah-jokowi-stres-gibran-dipastikan-dihukum-mati/

https://turnbackhoax.id/2022/12/29/salah-terancam-dimiskinkan-kpk-sita-seluruh-aset-korupsi-milik-gibran/