[SALAH] Kondisi Gibran Kritis, Sumpah dan Kutukan Megawati Benar-Benar Jadi Kenyataan

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim bahwa kondisi Gibran Rakabuming Raka saat ini sedang kritis adalah konten yang dimanipulasi. Judul, isi video dan narasi dalam video tidak sesuai. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi mengenai hal tersebut.
====

[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1700979106.720342/index.html

====
[NARASI]: “ VIRAL !! INNALILAHI KONDISI GIBRAN KRITIS, SUMPAH & KUTUKAN MEGAWATI BENAR” JADI KENYATAAN”

====

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Youtube dengan nama pengguna “TOPIK NEWS” mengunggah video dengan klaim bahwa Gibran Rakabuming Raka saat ini sedang kritis dan kutukan Megawati benar terjadi. Faktanya tidak ada bukti kredibel mengenai hal tersebut.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi valid terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu. Dalam video tersebut membahas mengenai majunya Gibran sebagai calon wakil Presiden Prabowo Subianto. Ternyata narasi dalam video tersebut diambil dari sebuah redaksi opini yang ditulis Asyari Usman (jurnalis senior) dengan judul “Kalau Gibran Cawapres Prabowo, Waspadailah Kecurangan”. Tidak ditemukan bukti yang kredibel terkait kondisi Gibran yang sedang kritis seperti pada klaim. Sehingga dapat disimpulkan unggahan di atas adalah konten yang dimanipulasi.

==========

[REFERENSI]

[1] https://www.eramuslim.com/berita/opini/kalau-gibran-cawapres-prabowo-waspadailah-kecurangan/