[SALAH] Indonesia Berduka, Kondisi Terakhir Anwar Usman

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim bahwa Anwar Usman meninggal dunia adalah konten yang dimanipulasi. Judul, isi video dan narasi dalam video tidak sesuai. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi kabar duka dari Anwar Usman, mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK).
====

[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1701009738.851909/index.html

====
[NARASI]: “INNALILLAHI.. BEGINILAH KONDISI ANWAR USMAN TERKINI”

====

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Youtube dengan nama pengguna “Benang Merah” mengunggah video dengan judul “INNALILLAHI.. BEGINILAH KONDISI ANWAR USMAN TERKINI”. Dalam Thumbnail terlihat sebuah peti mati lengkap dengan foto Anwar Usman. Tampak pula Prabowo, Gibran dan Presiden Jokowi di samping peti tersebut. Faktanya tidak ada bukti valid terkait hal tersebut.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi valid terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu. Dalam video tersebut membahas Anwar Usman (Eks ketua MK) mengajukan keberatan setelah hakim konstitusi Suhartoyo diangkat sebagai Ketua MK yang baru menggantikan dirinya. Narasi dalam video tersebut diambil dari artikel kompas.com yang berjudul “Anwar Usman Ajukan Keberatan Suhartoyo Jadi Ketua MK”. Jadi dapat disimpulkan bahwa unggahan di atas mengandung informasi yang tidak benar.

==========

[REFERENSI]

[1] https://nasional.kompas.com/read/2023/11/22/11594891/anwar-usman-ajukan-keberatan-suhartoyo-jadi-ketua-mk