[SALAH] Video Tentara Israel Memasang Bendera Israel di Atap Rumah Sakit Al Shifa

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Video tersebut menunjukkan tentara Israel yang memasang bendera negaranya di atap TK khusus anak laki-laki di Gaza, bukan di atap rumah sakit Al Shifa.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/HacLd

Arsip Video:
https://video.twimg.com/ext_tw_video/1724766329180139520/pu/vid/avc1/480×848/D_B0Mvjmf0PGp6hf.mp4?tag=12

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Setelah ‘menaklukkan’ Rumah Sakit Al Shifa, pasukan Israel memasang bendera mereka di atap untuk menandai kemenangan mereka terhadap orang-orang sakit dan bayi yang tidak berdaya! Benar-benar tanpa ampun…#khaberni #AlShifaHospital #CeasefireForGazaNOW #GazaGenocide #Gazawar #Gaza”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter bercentang biru @khaberni mengunggah video yang menunjukkan pasukan Israel sedang memasang bendera negaranya di atap. Pengguna Twitter tersebut menklaim kejadian itu direkam di atap Rumah Sakit Al Shifa, Gaza, sebagai simbol kemenangan Israel setelah mengebom orang-orang sakit dan bayi di rumah sakit tersebut. Video dan cuitan yang diunggah pada 15 November tersebut telah disukai hampir 1,700 orang, dibagikan dan dikutip ulang 1,800 kali, serta telah dilihat hampir 700,000 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Jurnalis Perancis bernama Arthur Carpentier melakukan pencarian dari beberapa cuplikan bangunan di video tersebut dan tertera bahwa bangunan tersebut cocok dengan salah satu sekolah di Gaza yang terletak 400m dari Rumah Sakit Al-Shifa. Arthur Carpentier menulis hasil temuan tersebut di Twitter pribadinya.

Selain itu, informasi serupa telah dibahas oleh Politi Fact dengan judul “Video shows Israeli soldiers ‘raising their flag’ over al-Shifa hospital in Gaza” dan dikategorikan sebagai False.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh @khaberni merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://twitter.com/Arthur_Crpt/status/1724823045276049839


https://www.politifact.com/factchecks/2023/nov/21/instagram-posts/video-shows-israeli-flag-planted-over-boys-school/