[SALAH] Video Polisi Israel Mencekik Anak Palestina di Kedutaan AS di Jerusalem

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya video tersebut sudah beredar sejak 2015 saat seorang anak laki-laki Arab ditangkap oleh penjaga keamanan Swedia di Stasiun Kereta Api Malmo karena diduga tidak membayar tiket kereta api.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Twitter

https://ghostarchive.org/archive/M4FXS

= = =

Narasi:

“:point_up: polisi Israel mencekik seorang anak Palestina sampai mati pada  Sabtu lalu di kedutaan AS di Jerusalem. Anak Palestina itu mengucap  Kalimat Syahadat sebelum meninggal dunia., video ini telah secara sistematik dibuang dan dibuang dari google, Facebook, dan YouTube.”

= = =

Penjelasan:

Beredar video di Twitter yang menunjukkan seseorang berpakaian seperti petugas keamanan menahan seorang anak laki-laki di lantai. Video tersebut diklaim merupakan polisi Israel yang mencekik seorang anak Palestina sampai mati pada Sabtu, 28 Oktober 2023 di Kedutaan AS di Jerusalem.

Hasil penelusuran menemukan bahwa klaim tersebut menyesatkan, faktanya video tersebut merupakan kejadian penahanan seorang anak keturunan Arab oleh petugas keamanan di Stasiun Kereta Api Malmo Swedia pada 2015.  Sehingga tidak ada kaitannya dengan konflik yang terjadi di Palestina dan Israel sejak Oktober 2023. Dilansir dari checkyourfact.com, anak tersebut diamankan karena tidak membayar tiket kereta api.

Dengan demikian, polisi israel mencekik anak Palestina di Kedutaan AS di Jerusalem  adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://checkyourfact.com/2023/11/15/fact-check-swedish-security-guards-israel-hamas/

= = =