[SALAH] Video Negara-negara Arab Mulai Maju ke Gaza untuk Membantu

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya video tersebut direkam sebelum konflik antara Palestina dan Israel akhir-akhir ini. Video tersebut adalah momen pada saat parade udara di Veracruz, Meksiko. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: TikTok

https://perma.cc/64MA-QCME

= = =

Narasi:

“Finally Arab countries Start moving towards Gaza to help”

Terjemahan:

“Akhirnya negara-negara Arab mulai bergerak menuju Gaza untuk membantu”

= = =

Penjelasan:

Video di TikTok yang menunjukkan sejumlah helikopter diklaim berasal dari negara-negara Arab yang sedang bergerak maju menuju Gaza untuk membantu konflik yang sedang terjadi akhir-akhir ini.

Setelah ditelusuri klaim tersebut salah. Faktanya video tersebut adalah momen parade udara di Vercruz, Meksiko pada 4 Oktober 2023, beberapa hari sebelum konflik antara Palestina dan Israel terjadi. Terlihat juga bendera Meksiko yang dikibarkan oleh helikopter tersebut.

Dilansir dari AFP, parade tersebut untuk merayakan 202 tahun pembentukan Angkatan Laut Meksiko. Sehingga tidak ada kaitannya dengan bantuan negara Arab menuju Gaza. Video momen yang sama dari sudut pandang lain juga menunjukkan narasi bahwa parade tersebut untuk memperingati 202 tahun Angkatan Laut Meksiko di pelabuhan Veracruz.

Dengan demikian, video negara-negara Arab mulai maju ke Gaza untuk membantu adalah tidak benar dengan kategori Konteks yang Salah.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.33YW9XG

https://www.tiktok.com/@alejagago/video/7286345742556466438?q=veracruz%20mexico%20navy&t=1698179091244 (Arsip: https://ghostarchive.org/archive/g5MB2)

= = =