[SALAH] Gambar tangkapan layar artikel berjudul “Deretan Janji Gibran Rakabuming Raka Jika Menang Pilpres 2024, Ada Dana Abadi Pesantren atau Dana Apes”

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Gambar tangkapan layar artikel berjudul “Deretan Janji Gibran Rakabuming Raka Jika Menang Pilpres 2024, Ada Dana Abadi Pesantren atau Dana Apes” telah diedit pada bagian judul. Faktanya, artikel tersebut identik dengan artikel pada website ayojakarta.com berjudul “Deretan Janji Gibran Rakabuming Raka Jika Menang Pilpres 2024, Ada Dana Abadi untuk Santri”.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1699855862.769375/index.html

= = = = =

NARASI:
“Deretan Janji Gibran Rakabuming Raka Jika Menang Pilpres 2024, Ada Dana Abadi Pesantren atau Dana Apes”

= = = = =
PENJELASAN:
Akun Facebook Sabrinal Sab memposting gambar tangkapan layar artikel dengan judul “Deretan Janji Gibran Rakabuming Raka Jika Menang Pilpres 2024, Ada Dana Abadi Pesantren atau Dana Apes”. Postingan tersebut diunggah pada 2 November 2023 pukul 13.15.

Setelah ditelusuri menggunakan judul artikel tersebut ditemukan artikel asli milik ayojakarta.com. Judul yang asli adalah “Deretan Janji Gibran Rakabuming Raka Jika Menang Pilpres 2024, Ada Dana Abadi untuk Santri”. Terdapat kesamaan yaitu pada tanggal unggah artikel yaitu Rabu 25 Oktober 2023 pukul 13.20 WIB dan keterangan nama Linda Wati. Jika dilihat terdapat perbedaan pada judul artikel.

Dengan demikian gambar tangkapan layar artikel berjudul “Deretan Janji Gibran Rakabuming Raka Jika Menang Pilpres 2024, Ada Dana Abadi Pesantren atau Dana Apes” telah diedit pada bagian judul. Artikel tersebut identik dengan artikel pada website ayojakarta.com berjudul “Deretan Janji Gibran Rakabuming Raka Jika Menang Pilpres 2024, Ada Dana Abadi untuk Santri”, sehingga masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

REFERENSI:
https://www.ayojakarta.com/news/7610629812/deretan-janji-gibran-%20rakabuming-raka-jika-menang-pilpres-2024-ada-dana-abadi-untuk-santr