[SALAH] JOKOWI COPOT LIMA MENTERI DARI PDIP AKIBAT PERSELISIHAN DENGAN MEGAWATI

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Informasi menyesatkan, judul dan isi video tidak sesuai. Hingga saat ini lima orang kader PDI-P masih tercatat sebagai menteri Kabinet Indonesia Maju.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1699796594.6345/index.html (Facebook)

=======

[NARASI]:
telan korban !! Jokowi copot 5 menteri dari PDI-P akibat perselisihan dengan ibu Megawati

=======

[PENJELASAN]:
Sebuah video beredar di media sosial dari halaman facebook bernama Viral World bernarasikan Presiden Jokowi mencopot lima orang menteri dari Partai Demokrasi Perjuangan (PDI-P) akibat perselisihannya dengan Ketua Umum PDI-P Megawati.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, dalam video tersebut hanya berisi beberapa cuplikan dari peristiwa berbeda yang tidak ada kaitannya dengan klaim narasi yang beredar.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan ulang artikel dari seword.com berjudul “Karena Perselisihan Dengan Megawati Maka Presiden Jokowi Akan Reshuffle Kabinet Dari PDI P” yang dimuat pada 6 November 2023.

Dalam artikel tersebut memuat opini yang membahas kemungkinan Jokowi mencopot kader PDI-P dari Kabinet Indonesia Maju setelah hubungannya dengan Ketua Umum PDI-P Megawati memanas.

Melansir dari laman presidenri.go.id, lima orang kader PDI-P masih tercatat sebagai menteri. Lima orang tersebut antara lain Yasonna Laoly (Menteri Hukum dan HAM), Tri Rismaharini (Menteri Sosial), Abdullah Azwar Anas (Menpan RB), Gusti Ayu Bintang Darmawati (Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak), dan Pramono Anung Wibowo (Sekretaris Kabinet).

Dengan demikian, klaim narasi yang menyatakan Jokowi mencopot lima orang menteri dari PDI-P tidak terbukti dan termasuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/11/11/103000082/-hoaks-jokowi-copot-lima-menteri-dari-pdi-p-pada-9-november?page=all#page2

https://seword.com/politik/karena-perselisihan-dengan-megawati-maka-presiden-nTAD6wisRQ

https://www.presidenri.go.id/kabinet-indonesia-maju/