[SALAH] “Ahmad Dhani dan Al Ghazali Pimpin Warga Jabar Dukung Anies Baswedan”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi menyesatkan. Judul dan isi video tidak sesuai dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa Ahmad Dhani dan Al Ghazali pimpin warga jabar dukung Anies Baswedan.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

[SUMBER]: YOUTUBE
https://archive.cob.web.id/archive/1699699389.316269/index.html

=====

[NARASI]: Menakjubkan !! Atas perintah Raffi Ahmad Al Ghazali & Ahmad Dhani pimpin warga Jabar dukung Anies

=====

[PENJELASAN]:
Kanal Youtube GARUDA POLITIK memposting video berdurasi  8 menit dengan judul “Atas perintah Raffi Ahmad Al Ghazali & Ahmad Dhani pimpin warga Jabar dukung Anies”.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi kredibel terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu.

Thumbnail video merupakan hasil rekayasa, gambar asli merupakan Anies Baswedan, Dasad Latif dan Ahmad Ali di Taman Musafir Kabupaten Pangkajene Kepulauan Pangkep dan tidak ada foto Ahmad Al Ghazali & Ahmad Dhani.

Narator video hanya membacakan artikel di laman detik.com dengan judul artikel “Relawan ANIES di Jakut Deklarasi Dukung Anies Maju Capres 2024”.

Bedasarkan penjelasan di atas klaim tentang  Ahmad Dhani dan Al Ghazali pimpin warga jabar dukung Anies Baswedan adalah salah dan masuk kategori konten yang dimanipulasi.

=====

[REFERENSI]:
https://www.instagram.com/p/CmA_K6WSWIQ/?igshid=MzRlODBiNWFlZA%3D%3D&img_index=7
https://news.detik.com/pemilu/d-6948285/relawan-anies-di-jakut-deklarasi-dukung-anies-maju-capres-2024