[SALAH] SENDOK LOGAM MELELEH KETIKA DIMASUKKAN KE DALAM LARUTAN ASAM KUAT

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya sendok tersebut bukanlah sendok logam biasa melainkan sendok logam yang terbuat dari paduan galium-alumunium yang mencair ketika dimasukkan ke air dan larutan tersebut bukanlah larutan asam kuat.

=======

[KATEGORI]: Konteks yang salah

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1699514865.090789/index.html (Facebook)
https://archive.cob.web.id/archive/1699515375.750917/index.html (Facebook)
https://archive.cob.web.id/archive/1699515483.156606/index.html (Facebook)
https://archive.cob.web.id/archive/1699515563.358601/index.html (gatez.info)

=======

[NARASI]:
begini lah yang terjadi jika sendok dicelupkan kedalam larutan asam yang kuat

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video pendek dari beberapa akun di media sosial facebook menampilkan sebuah sendok yang dimasukkan ke dalam gelas berisi sebuah cairan dan kemudian sendok tersebut meleleh.

Setelah ditelusuri, video tersebut sebelumnya pernah diunggah oleh channel youtube bernama Gallium0031 dengan judul “metal spoon eaten by very strong acid” pada 8 Agustus 2013.

Dalam video tersebut terdapat keterangan bahwa sendok tersebut merupakan sendok yang terbuat dari paduan galium-aluminium yang bereaksi dengan air.

Aluminium sebenarnya merupakan logam yang cukup reaktif, artinya mudah bereaksi dengan air jika bukan karena lapisan oksida yang melindungi logam tersebut.

Saat mencampurkan aluminium dengan galium, lapisan aluminium oksida ini tidak dapat terbentuk sehingga memungkinkan aluminium bereaksi dengan air.

Gelembung tersebut adalah gas hidrogen yang tidak berbahaya (tetapi mudah terbakar), dan benda berwarna abu-abu tersebut adalah aluminium hidroksida yang sama tidak berbahayanya.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim narasi yang menyatakan bahwa sendok logam meleleh ketika dimasukkan ke dalam larutan asam kuat tidak terbukti dan termasuk ke dalam konteks yang salah.

=======

[REFERENSI]:
https://www.youtube.com/watch?v=5Qc_Sy6IAlI&ab_channel=Gallium0031