[SALAH] “Mulai institusi negara ikut dukung mendukung salah satu kandidat, kata netral dalam sumpah jabatan hanya isapan jempol.”

Informasi menyesatkan. Faktanya, pertemuan Perwira Siswa Dikreg LXIII Seskoad dengan Walikota Surakarta (Solo), Gibran Rakabuming Raka di Balaikota Surakarta tersebut terjadi pada 7 September 2023, sebelum Gibran mendaftarkan diri sebagai cawapres ke KPU pada 25 Oktober 2023.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Twitter / X @H4T14K4LN4L42 (twitter.com/H4T14K4LN4L42) pada 10 November 2023 mengunggah sebuah video dengan narasi:

“Mulai institusi negara ikut dukung mendukung salah satu kandidat , kata netral dalam sumpah jabatan hanya isapan jempol.”

Di video yang menampilkan pertemuan Walikota Surakarta (Solo), Gibran Rakabuming Raka dengan beberapa prajurit TNI itu, juga terdapat narasi: “Ngeri ngeri sedap! Rombongan Jenderal TNI kunjungi Gibran di Balaikota”

Sumber: archive.ph/I5zSd (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video pertemuan Walikota Surakarta (Solo), Gibran Rakabuming Raka dengan beberapa prajurit TNI yang diklaim sebagai bentuk dukungan TNI kepada Gibran yang menjadi cawapres di Pilpres 2024 merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya, pertemuan Perwira Siswa Dikreg LXIII Seskoad dengan Walikota Surakarta (Solo), Gibran Rakabuming Raka di Balaikota Surakarta tersebut terjadi pada 7 September 2023, sebelum Gibran mendaftarkan diri sebagai cawapres ke KPU pada 25 Oktober 2023.

Foto yang identik dengan suasana pertemuan di video itu diunggah di akun Instagram Penerangan Seskoad pada 7 September 2023 dan di situs resmi Seskoad pada 9 September 2023.

Selain itu, melalui akun Tiwtter / X resminya, TNI AD mengunggah klarifikasi sebagai berikut:

“Yth. Bapak Goenawan Mohamad,

Dengan segala kerendahan hati, Dinas Penerangan Angkatan Darat perlu mengklarifikasi :

1) bahwa foto ini diambil dalam kegiatan On The Job Training (OJT) Wilayah Pertahanan (Wilhan) Perwira siswa Dikreg LXIII Seskoad yang dilakukan dari tgl 4-8 September 2023 dengan sasaran 10 Kodim di wilayah Kodam IV/Diponegoro. Termasuk didalamnya Kodim 0726/ Sukoharjo dan Kodim 0735/Surakarta.

2) Foto ini diambil dalam rangkaian kegiatan kunjungan ke beberapa objek seperti Pemkot Sukoharjo, Sritex, Konimex, dan Pemkot Solo. Kehadiran walikota Solo dalam foto itu tidak ada kaitannya dengan status sebagai Capres/ Cawapres, karena foto itu diambil tgl 7 Sept 2023 sebelum Walikota Solo diajukan dan mendaftarkan diri ke KPU sebagai Cawapres.

3) TNI AD akan selalu memegang teguh komitmen netralitas TNI sesuai apa yang diamanatkan dalam UU No. 34 tahun 2004, Pasal 39. Dan UU No 7 tahun 2017, tentang Pemilu.

Prajurit TNI AD yang Prima, pengawal demokrasi, netral, menuju pemilu 2024 yg damai.

Mari bersama sama kita sukseskan Pemilu 2024.

Salam”

Sementara itu, Panglima TNI dalam pengarahannya menekankan poin-poin penting terkait dengan Netralitas TNI dalam Pemilu 2024 yakni agar Prajurit TNI selalu pegang teguh Netralitas TNI di tahun politik menuju Pemilu dan Pilkada 2024, Prajurit tidak boleh memihak atau mendukung parpol serta pasangan calon dan tidak melibatkan diri dalam kegiatan politik praktis. Kemudian dalam pelaksanaan acara Pemilu tersebut, TNI dilarang untuk memberikan fasilitas tempat atau sarana prasarana milik TNI sebagai sarana kampanye.

Lebih lanjut Panglima TNI juga melarang keras para Prajurit TNI memberikan arahan bagi keluarga Prajurit atau PNS dalam menentukan hak pilih dan juga dilarang mengomentari, menanggapi atau mengupload apapun hasil hitung cepat (quick qount) yang dikeluarkan oleh lembaga survey.

“Para Komandan dan Atasan harus tegas. Menindak Prajurit atau PNS di lingkungan TNI yang terbukti terlibat politik praktis. Tindak tegas tanpa ragu terhadap pelanggaran hukum yang dilakukan Prajurit TNI, lanjutkan sesuai prosedur hukum yang berlaku. Tidak ada TNI kebal hukum, No Impunitas,” tegas Panglima TNI.

REFERENSI
https://www.instagram.com/p/Cw3h5EYBBIc/?img_index=5
https://seskoad.mil.id/index.php/subnews?news=466
https://twitter.com/tni_ad/status/1723317267533021512/photo/1 (Arsip: https://archive.ph/OnPM7)
https://tni.mil.id/view-230879-jelang-pemilu-2024-netralitas-tni-tidak-ada-tawar-menawar.html
https://www.cnbcindonesia.com/news/20231025152437-7-483617/sah-prabowo-gibran-daftar-capres-cawapres-pilpres-2024

About Adi Syafitrah 1618 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo