[SALAH] Tentara Amerika Serikat Sudah Tiba di Israel Untuk Jalankan Operasi Militer Bersama IDF

Informasi menyesatkan. Video tersebut merupakan kedatangan tentara Amerika di Mihail Kogalniceanu, Rumania, pada Juni 2022 bukan di Israel seperti pada klaim.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

======

[SUMBER]: FACEBOOK (https://archive.cob.web.id/archive/1698895330.855287/index.html)

======

[NARASI]:

“Tentara Amerika Serikat Sudah Tiba di Israel Untuk Menjalankan Operasi Militer Bersama IDF”

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Facebook bernama Indonesia Stands With Israel mengunggah sebuah video yang memperlihatkan sejumlah tentara sedang turun dari pesawat dan diklaim merupakan tentara Amerika Serikat yang tiba di Israel untuk membantu.

Berdasarkan penelusuran, AS memang menyiagakan sejumlah pasukannya untuk membantu pasukan pendudukan Israel. Menurut themirror.com yang terbit pada 11 Oktober 2023, AS telah mengerahkan Delta Force dan Tim Six SEAL Angkatan Laut.

Terkait video, tentara Airborne US Army yang turun dari pesawat itu rupanya sudah lama. Penelusuran lain, situs padanan gambar mengarahkan Jawa Pos pada kanal YouTube Defence Now yang mengunggah video durasi panjang pada 28 Juni 2022. Jauh sebelum konflik Palestina-Israel memanas.

Rekaman akun Facebook Indonesia stand with Israel identik dengan kanal tersebut. Video itu menampilkan kedatangan tentara Amerika di Mihail Kogalniceanu, Rumania, pada Juni 2022. Judulnya berbunyi ”Prajurit Divisi Lintas Udara (Serangan Udara) Ke-101 Tiba di Mihail Kogalniceanu, Rumania, 28 Juni 2022.”

Mereka datang untuk memperkuat sisi timur NATO dan terlibat dalam latihan multinasional dengan mitra di seluruh Benua Eropa. Serta untuk meyakinkan sekutu AS dan mencegah lebih jauh agresi Rusia.

======

REFERENSI:

https://www.jawapos.com/ternyata-hoax/013171721/awas-hoax-ini-kedatangan-tentara-amerika-di-rumania-pada-2022-tidak-terkait-israel