[SALAH] Muhammad Husein Relawan Asal Indonesia Meninggal di Jalur Gaza

Informasi palsu. Melalui kanal Youtubenya, Muhammad husein yang saat ini berada di Palestina menegaskan bahwa dirinya masih hidup dengan melakukan klarifikasi berupa video di dalam mobil.

======

[KATEGORI]: KONTEN PALSU

======

[SUMBER]: FACEBOOK (https://archive.fo/bUfJb)

======

[NARASI]:

“Fatihah utk alm.Muhammad Husein yg selalu kirim berita warga Palestina di Gaza Ats kebiadaban zionis Israel…”

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Facebook mengunggah postingan yang mengabarkan bahwa seorang relawan asal Indonesia bernama Muhammad Husein meninggal dunia di Jalur Gaza akibat serangan tentara Israel. Dalam unggahan tersebut, Husein dikabarkan meninggal dunia pada Minggu, 29 Oktober 2023.

Berdasarkan penelusuran, Muhammad Husein yang merupakan relawan sekaligus pendiri lembaga kemanusiaan International Networking for Humanitarian (INH) masih hidup. Hal itu diklarifikasi langsung olehnya lewat sebuah video berdurasi 15 menit lewat kanal Youtubenya bernama Muhammad Husein Gaza.

Dalam klarifikasinya, Husein kini sedang berusaha untuk evakuasi ke Perbatasan Rafah bersama keluarganya, namun hanya dirinya yang tercatat untuk evakuasi sedangkan anak-anak dan istrinya tidak termasuk ke dalam daftar evakuasi.

Husein kini berada di wilayah selatan Gaza, tepatnya di daerah Khan Younis. Ia tinggal bersama istrinya yang berkebangsaan Palestina. Husein rutin mengabarkan kondisi terkini Jalur Gaza melalui media sosialnya, termasuk YouTube.

======

REFERENSI:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/11/03/131300682/-hoaks-relawan-asal-indonesia-meninggal-di-gaza-pada-3-november-2023?page=2