[SALAH] ISRAEL DIHAJAR PUTING BELIUNG DAN DILANDA BANJIR

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya video dalam klaim tersebut hanya berisi beberapa cuplikan dari peristiwa angin puting beliung dan banjir yang sebelumnya sudah pernah beredar di Internet.

=======

[KATEGORI]: Konteks yang salah

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1698649940.534815/index.html (Facebook)

=======

[NARASI]:
KETENTUAN ALAH BERLAKU , ISRAIL DI HAJAR PUTING BELIUNG DAN DI LANDA BANJIR

Baru saja ingin menggempur Gaza
Zionis & Tentaranya Sudah di Gempur Allah

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari akun facebook bernama Ijlal Hadinata yang menampilkan bencana angin puting beliung dan banjir bandang dengan narasi yang menyatakan bahwa bencana tersebut terjadi di Israel saat tentara Israel akan menyerang Gaza.

Setelah dilakukan penelusuran, ditemukan beberapa video identik seperti yang ditayangkan dalam video klaim tersebut.

Video awal yang menampilkan angin puting beliung menerpa sebuah pemukiman tersebut identik dengan video youtube yang dimuat oleh salah satu website media Israel aradnik.co.il pada 14 November 2020.

Berikutnya, cuplikan yang menayangkan sebuah tank berada di dekat angin puting beliung tersebut identik dengan video yang diunggah oleh akun facebook Daily Mail Video pada 16 Juli 2022.

Cuplikan video selanjutnya yang menampilkan fenomena tornado air tersebut identik dengan video unggahan channel youtube Meteored berjudul “Waterspout in Israel”. Fenomena tersebut memang terjadi di Israel, namun fenomena tersebut terjadi pada 3 Januari 2022.

Video berikutnya yang mempelihatkan beberapa mobil yang tergenang air di jalan raya tersebut identik seperti video yang diunggah pada akun twitter resmi The National Independent, dalam video yang diunggah pada 15 Oktober 2023 tersebut terdapat keterangan bahwa video tersebut merupakan cuplikan banjir akibat hujan lebat di kota Tel Aviv, Israel.

Melansir tempo.co, banjir tersebut tidak menimbulkan kerusakan yang fatal. pemeriksa fakta asal Nigeria juga menyatakan bahwa tidak ditemukan data kejadian bencana besar di Israel dalam kurun waktu 15 sampai 20 Oktober 2023.

Berdasarkan hasil penelusuran di atas, video dengan klaim narasi Israel dihajar puting beliung dan dilanda banjir tersebut adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

[REFERENSI]:
https://cekfakta.tempo.co/fakta/2527/menyesatkan-video-yang-diklaim-bencana-di-israel

https://www.facebook.com/watch/?v=326173372944546