[SALAH] Bella Hadid Berikan Dukungan Kepada Israel

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Konten yang dimanipulasi. Video yang diklaim merupakan dukungan Bella Hadid kepada Israel merupakan hasil manipulasi teknologi Artificial Intelligent (AI) dengan metode deep fake.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://archive.ph/Itpb6 (Twitter)

=====

[NARASI]: “Bella Hadid stands with Israel.
Sinwar didn’t expect to get this surprise for his 61 birthday :balloon::birthday:
#WeFixedItForBella”

Terjemahan: “Bella Hadid mendukung Israel. Sinwar tidak menyangka akan mendapatkan kejutan ini untuk ulang tahunnya yang ke-61″

=====

[PENJELASAN]:

Akun Twitter @DanelBenNamer mengunggah cuitan dengan klaim bahwa supermodel asal Amerika Serikat (AS), Bella Hadid, menyatakan dukungan untuk Israel dalam perang melawan Palestina. Dalam cuitan tersebut juga dilampirkan video yang menampilkan Bella sedang berpidato, dengan narasi sebagai berikut:

“Hi, it’s Bella Hadid. On October 7th 2023, Israel faced the tragic attack by hamas. I can’t stay silent. I apologize for my past remarks. This tragedy has opened my eyes to the pain endured here. And I stand with Israel against terror. I’ve taken time to truly learn the historical context. Now with a clearer understanding I hope we can engage in constructive dialogue moving forward. Thank you,”

Terjemahan: “Hai, ini Bella Hadid. Pada tanggal 7 Oktober 2023, Israel menghadapi serangan tragis Hamas. Saya tidak bisa tinggal diam. Saya minta maaf atas ucapan saya di masa lalu. Tragedi ini telah membuka mata saya terhadap rasa sakit yang dialami di sini. Dan saya mendukungnya. Israel melawan teror. Saya telah meluangkan waktu untuk benar-benar mempelajari konteks sejarahnya. Sekarang dengan pemahaman yang lebih jelas saya berharap kita dapat terlibat dalam dialog konstruktif di masa depan. Terima kasih.”

Namun setelah dilakukan penelusuran, video yang dilampirkan tersebut adalah hasil manipulasi Artificial Intelligent (AI) dengan metode deep fake. Hal ini juga sesuai dengan penelusuran yang dilakukan oleh The Quint yang diunggah melalui kanal Youtube-nya.

Video aslinya dapat dilihat di kanal Youtube Global Lyme Alliance dengan judul “Bella Hadid’s 2016 Global Lyme Alliance New York Gala Speech”. Dalam video tersebut, Bella Hadid sama sekali tidak menyinggung tentang Israel atau Palestina, dan hanya berbicara tentang penyakit Lyme.

Melalui Instagram pribadinya, Bella Hadid justru menyuarakan dukungannya kepada Palestina. Bella sendiri merupakan keturunan Palestina. Keluarganya pindah ke AS setelah terusir dari tanah kelahiran mereka pada 1948 akibat pembentukan negara Israel.

=====

[REFERENSI]:

– https://www.youtube.com/watch?v=EngH-ig5lWk
– https://www.instagram.com/p/CzVBZJCNHrq/
– https://kompas.com/cekfakta/read/2023/10/30/195800382/hasil-manipulasi-ai-video-pernyataan-bella-hadid-dukung-israel?page=all
– https://www.merdeka.com/cek-fakta/mirip-banget-seperti-asli-beredar-video-ai-bella-hadid-nyatakan-dukung-israel-41607-mvk.html