[SALAH] “ini adalah jenazah Muslim Palestina”

MENYESATKAN, TIDAK berkaitan dengan Palestina. FAKTA: video yang dibagikan adalah bagian dari pementasan “Calonarang”, diselenggarakan di Bali, Indonesia, pada 30 Oktober 2022.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

(Versi Bahasa Indonesia dari [FALSE] “these are the bodies of Palestinian Muslims” https://bit.ly/3MrdF1h)

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan.

SUMBER: X/Twitter, https://archive.md/qNeDL (arsip cadangan).

NARASI: “Bisa dikatakan, ini adalah jenazah Muslim Palestina, namun jika Anda merasakannya, Anda akan melihat jenazah seluruh umat.

Mayat-mayat ini adalah milik hati nurani negara-negara Islam yang tidak berperasaan dan para penguasa yang terikat pada perbudakan Barat.”

(Terjemahan dari “To say, these are the bodies of Palestinian Muslims, but if you feel them, you will see the bodies of the entire Ummah.

These corpses belong to the callous conscience of the so-called Islamic countries and the rulers chained to Western slavery.”).

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu” [1]

SUMBER membagikan video dengan konteks informasi yang SALAH sehingga menyebabkan kesimpulan yang MENYESATKAN, FAKTA: TIDAK berkaitan dengan Palestina. Video yang dibagikan adalah bagian dari pementasan “Calonarang”, diselenggarakan di Bali, Indonesia, pada 30 Oktober 2022.

Verifikasi Video

Salah satu sumber dengan konteks yang benar, Punapibali pada 31 Okt 2022: “Pementasan Calonarang di Gedung Mario Tabanan, Minggu (30/10). 📽@baliklasikchannel” [2]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Suaradewata.com pada 30 Okt 2022: “Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) DPD Kabupaten Tabanan berkolaborasi dengan Yayasan Mandala Suci melakukan pagelaran acara Calonarang yang berisikan 108 watangan atau orang yang mati suri. Acara yang digelar di Gedung Kesenian I Ketut Maria pada Minggu, (30/10/2022) mendapatkan respon luar biasa dari publik. …” [3]

detikBali pada 31 Okt 2022: “Pementasan dramatari Calonarang mengambil lakon ‘Katundung Ratna Manggali’ melibatkan 108 watangan atau bangkai-bangkaian. Ratusan watangan ini merupakan sisya atau murid Pasraman Agung Mandala Suci. Saat pentas Calonarang, mereka diperlakukan layaknya orang yang sudah meninggal. Termasuk dibungkus menggunakan kain kasa atau kafan. (Foto: Istimewa)” (deskripsi foto) [4]

BALIPOST.com pada 23 Des 2021: “Ratna Mangali adalah seorang wanita pujaan yang tercampak dalam cerita Calonarang. Pementasan teater Calonarang di tengah masyarakat Bali senantiasa menghadirkan wanita jelita ini dalam sejumlah episodenya. Putri tunggal seorang janda dari Desa Dirah ini dikisahkan meratapi romantika kehidupan sarat nestapa, teraniaya lahir dan batin. …” [5]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan).

[2] youtube.com, https://bit.ly/477mbu2 / https://archive.ph/77Mw9 (arsip cadangan).
on December
[3] suaradewata.com: “Kolaborasi Bareng Yayasan Mandala Suci, KNPI Tabanan Pecahkan Rekor Calonarang Watangan 108 Orang”, https://bit.ly/3MsWY5p / https://archive.ph/MNzYc (arsip cadangan).

[4] detik.com: “Merinding! 108 ‘Bangkai’ Tergeletak Saat Pentas Calonarang di Tabanan”, https://bit.ly/40l3XTV / https://archive.ph/HIKIm (arsip cadangan).

[5] balipost.com: “RATNA MANGALI MENGGUGAT”, https://bit.ly/49gsvkH / https://archive.ph/QvfFT (arsip cadangan).