[SALAH] Semua Anggota PDIP Meninggalkan Partai Demi Jokowi

Hasil periksa fakta Pandan Wangi Sukma Listyono Putri

Unggahan video sebuah akun youtube dengan klaim seluruh anggota partai PDIP meninggalkan Megawati dan Partai PDIP demi mendukung Jokowi adalah hal yang tidak benar. Unggahan tersebut tidak sesuai baik dari cover dan judul dengan isinya.
====

[KATEGORI]: Konten Menyesatkan

====

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1698345809.597271/index.html (youtube)

====
[NARASI]:
“DEMI JOKOWI !! SEMUA ANGGOTA BERBONDONG BONDONG TINGGALKAN MEGAWATI & PARTAI PDIP KARNA INI..”
====

[PENJELASAN]:
Pada 21 Oktober 2023 sebuah channel youtube dengan nama AKTUAL (https://www.youtube.com/@aktual2406) mengunggah sebuah video dengan klaim mengenai anggota Partai PDIP yang meninggalkan partai serta Megawati demi mendukung Presiden Joko Widodo.

Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, video dengan durasi 8 menit 1 detik tersebut tidak sesuai dengan klaim yang disampaikan pada judul dan thumbnail. Hal tersebut dikarenakan narator video justru menyampaikan perihal Mahfud MD yang secara resmi kini telah diangkat menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres) untuk mendampingi bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Sukarnoputri.

Tak hanya itu, potongan video yang digunakan di dalam konten tersebut juga tidak mendukung klaim yang disampaikan pada judul video. Contohnya saja seperti pada menit ke 5:20 yang merupakan potongan video milik KOMPASTV. Video tersebut berisikan pidato Ganjar Pranowo yang tengah menghadiri acara Konsolidasi PDIP Perjuangan di Jawa Barat pada bulan Juni 2023 lalu.


Selain itu, bukti lain bahwa potongan video yang digunakan tidaklah sesuai dengan thumbnail yang dituliskan ialah seperti pada menit ke 5:40 yang merupakan video milik @TribunMedanTV yang berisikan wawancaranya dengan Mahfud MD mengenai kontrak politik dengan Megawati pada 18 Oktober 2023. Sehingga, tidak terdapat korelasi antara video yang digunakan dengan narasi yang disampaikan.

Oleh sebab itu, video dengan klaim seluruh anggota partai PDIP meninggalkan Megawati dan Partai PDIP demi mendukung Jokowi adalah konten yang tidak benar.

==========

[REFERENSI]
[1] https://youtu.be/YAiD-Q5h9E4
[2] https://youtube.com/shorts/S2qtgAmllP0?si=qQw3xJdIGEFzhNby