[SALAH] Jokowi dan Gibran Membubarkan Partai PDIP dengan Sejumlah Ancaman

Hasil periksa fakta Pandan Wangi Sukma Listyono Putri

Unggahan video sebuah akun youtube dengan klaim Jokowi dan Gibran membubarkan Partai PDIP adalah hal yang tidak benar. Unggahan tersebut tidak sesuai baik dari cover dan judul dengan isinya.
====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1698429917.939657/index.html (youtube)

====
[NARASI]:
“TERNYATA…!! JOKOWI & GIBRAN BERANI BUBARKAN PARTAI PDIP DENGAN ANCAMAN INI,MEGAWATI NANGIS NANGIS.”
====

[PENJELASAN]:
Pada 22 Oktober 2023 sebuah channel youtube dengan nama AKTUAL (https://www.youtube.com/@aktual2406) mengunggah sebuah video dengan klaim mengenai Presiden Joko Widodo dan Gibran Rakabuming Raka yang berani membubarkan Partai PDIP dengan ancaman-ancaman yang membuat Megawati menangis.

Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, video tersebut tidak sesuai dengan klaim yang disampaikan pada judul dan thumbnail. Hal tersebut dikarenakan narator video justru menyampaikan perihal penunjukkan Gibran sebagai bakal calon wakil presiden Prabowo Subianto serta menjelaskan kandidat lain yang memiliki kemungkinan akan menjadi wakil dari Prabowo tanpa sedikit pun membahas mengenai Jokowi dan Gibran yang berani membubarkan Partai PDIP. Tak hanya itu, potongan video yang digunakan di dalam konten tersebut juga tidak mendukung klaim yang disampaikan pada judul video. Contohnya saja seperti pada menit ke 1:49 yang merupakan potongan video yang berisikan wawancara Gibran dengan KOMPASTV pada 21 Oktober 2023 mengenai keterangannya usai menghadiri Rapimnas Golkar yang mengusulkan dirinya menjadi Cawapres Prabowo. Sehingga, tidak terdapat korelasi antara video yang digunakan dengan narasi yang disampaikan.

Oleh sebab itu, video dengan klaim seluruh anggota partai PDIP meninggalkan Megawati dan Partai PDIP demi mendukung Jokowi adalah konten yang tidak benar.

==========

[REFERENSI]
https://youtu.be/VQGCObqgn7g