[SALAH] “Mahfud MD Buat Pendukung Anies dan Muhaimin Putar Haluan Dukung Pasangan Ganjar dan Mahfud MD”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi menyesatkan. Judul dan isi video tidak sesuai dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa Mahfud MD buat pendukung Anies dan Muhaimin putar haluan dukung pasangan Ganjar dan MAhfud MD.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

[SUMBER]: YOUTUBE
https://archive.cob.web.id/archive/1698121275.000919/index.html

=====

[NARASI]: MAHFUD BIKIN JATIM OLENG – PENDUKUNG AMIEN PUTAR HALUAN

=====

[PENJELASAN]:
Channel youtube bernama “PILIHAN RAKYAT” pada tanggal 22 Oktober membagikan video dengan narasi  Mahfud MD buat pendukung Anies dan Muhaimin putar haluan dukung pasangan Ganjar dan MAhfud MD.

Setelah menonton keseluruhan isi video, tidak terdapat informasi yang mendukung klaim yang beredar. Video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan.

Thumbnail video merupakan hasil rekayasa, gambar asli merupakan sosok Ganjar Pranowo didampingi Mahfud MD sedang berpidato daftar Capres-Cawapres di KPU RI dan tidak ada foto Anies dan Muhaimin pada gamar asli.

Narasi yang dibacakan dalam video tersebut identik dengan artikel okezone.com dengan judul artikel “Sempat Dukung AMIN, Tokoh Besar Madura Beralih ke Ganjar Pranowo-Mahfud MD”.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim narasi yang menyatakan Mahfud MD buat pendukung Anies dan Muhaimin putar haluan dukung pasangan Ganjar dan Mahfud MD adalah salah dan masuk kategori konten yang dimanipulasi.

=====

[REFERENSI]:
https://www.youtube.com/watch?v=e5RnmdaWHMo
https://nasional.okezone.com/read/2023/10/19/337/2904042/sempat-dukung-amin-tokoh-besar-madura-beralih-ke-ganjar-pranowo-mahfud-md