[SALAH] Bandara Luton di Inggris Terbakar yang Bersumber dari Mobil Hybrid dengan Baterai Listrik

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya hasil investigasi kebakaran bersumber dari mobil diesel bukan mobil listrik. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Twitter

https://ghostarchive.org/archive/Ad6rT

= = =

Narasi:

“Given that the car that caught fire at Luton Airport was clearly a hybrid with an electric battery, how long before the same happens on a car ferry at sea or inside the Channel Tunnel? Either could be catastrophic.”

Terjemahan:

“Mengingat mobil yang terbakar di Bandara Luton jelas merupakan mobil hybrid dengan baterai listrik, berapa lama lagi hal yang sama akan terjadi pada mobil feri di laut atau di dalam Terowongan Channel? Keduanya bisa menjadi bencana besar.”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah informasi yang mengklaim kebakaran besar di Bandara Luton, Inggris pada 10 Oktober 2023 akibat dari ledakan mobil hybrid dengan baterai listrik. Dalam postingan yang menunjukkan video kebakaran tersebut juga mengkhawatirkan bagaimana jika ledakan mobil listrik terjadi di kapal feri pengangkut mobil atau di sebuah terowongan.

Setelah ditelusuri klaim tersebut salah, faktanya hasil investigasi menunjukkan bahwa kebakaran tersebut akibat dari mobil diesel. Dilansir dari Independent.co.uk, kebakaran mobil tersebut kemungkinan berasal dari mobil Range Rover yang mengalami gangguan arus listrik atau saluran bahan bakar bocor. Diketahui terdapat 1.500 mobil di dalam parkiran tersebut.

Terkait kebakaran pada mobil listrik, artikel dari Pepsci.com menyebut bahwa para ahli sepakat bahwa mobil listrik jarang terbakar dibandingkan mobil bertenaga bensin. Meskipun demikian, kebakaran pada listrik akan sulit untuk dipadamkan, terlebih jika terdapat banyak energi listrik dalam baterai.

Dengan demikian, kebakaran besar di Bandara Luton, Inggris bersumber mobil hybrid dengan baterai listrik adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.independent.co.uk/news/uk/bedfordshire-police-luton-airport-police-apcoa-range-rover-b2434318.html

https://www.itv.com/news/anglia/2023-10-11/fire-service-chief-cause-of-luton-airport-car-park-fire

https://www.popsci.com/story/technology/electric-vehicle-battery-tesla-fire/

= = =