[SALAH] Miras Kemasan Saset Beredar di Masyarakat

Informasi menyesatkan. Seorang seniman bernama Heri Suherman, melalui akun Instagram @/buuxfrederiksen, menjelaskan bahwa produk minuman alkohol kemasan sachet itu hanyalah visual ide kreatif. Ia juga meminta maaf pada pihak brand yang namanya dicatut.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

======

[SUMBER]: FACEBOOK (https://archive.fo/2hiiD)

======

[NARASI]:

MIRAS KEMASAN SASET
Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh
Tolong disebar ke orang tua atau para guru, kalau melihat anak atau siswa bawa atau mengambil minuman saset seperti ini, tolong segera diambil, karena ini adalah miras kemasan, terimakasih sebelumnya, :pray::skin-tone-2:
Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh”

======

[PENJELASAN]:

Beredar di media sosial sebuah produk minuman keras kemasan saset yang diklaim beredar di masyarakat dan menyesar ke kalangan pelajar. Produk yang bernama Asli Otentik Orang Tua tersebut sudah beredar bebas.

Berdasarkan hasil penelusuran, konfirmasi dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, dan Perdagangan (Dinkopdag) Kota Surabaya, produk minuman alkohol sachet tersebut tidak ditemukan di lapangan.

Orang Tua Grup sebagai produsen miras yang namanya dicatut pada produk tersebut juga mengklarifikasi bahwa produknya hanya mengeluarkan minuman anggur dengan 2 jenis ukuran, ada yang 620ml dan 275ml dan dua-duanya dikemas dalam botol kaca.

Sementara itu, sosok bernama Heri Suherman, melalui akun Instagram @/buuxfrederiksen, menjelaskan bahwa produk minuman alkohol kemasan sachet itu hanyalah visual ide kreatif.

“Untuk menepis semua isu miring tentang produk AO SACHET yang beredar di pasaran, Bersama dengan surat pernyataan ini, saya ingin mengklarifikasi bahwa produk ini merupakan VISUAL IDE KREATIF. Produk ini Tidak ada dan tidak beredar di masyarakat umum,” tulis Heri Suherman dalam pernyataannya, dikutip pada Jumat (13/10).

Ia meminta maaf karena foto tersebut beredar melalui WhatsApp. Ia juga meminta maaf pada pihak brand yang bersangkutan dan memastikan bahwa produk tersebut tidak ada dan tidak beredar di masyarakat umum.

======

REFERENSI:

https://www.antaranews.com/berita/3774921/hoaks-miras-kemasan-saset-beredar-di-masyarakat

https://www.jawapos.com/kasuistika/013072146/miras-kemasan-sachet-yang-sempat-viral-ternyata-visual-ide-kreatif

https://www.instagram.com/p/CyQSLQvvZx0/?igshid=MzRlODBiNWFlZA%3D%3D

https://www.instagram.com/p/CyK4f_Op963/?igshid=MzRlODBiNWFlZA%3D%3D