[SALAH] “Atas Perintah Mahfud MD Rocky Gerung Ditahan di Nusakambangan”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi menyesatkan. Judul dan isi video tidak sesuai dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa Mahfud MD perintahkan, Rocky Gerung Ditahan di Nusakambangan.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.cob.web.id/archive/1697268814.560267/index.html

=====

[NARASI]: DI KIRIM KENUS4KAMBANGAN – ROCKY GERUNG DAPAT BAL4SAN SETIMPAL

=====

[PENJELASAN]:
Beredar unggahan video di media sosial Facebook dengan nama pengguna “NewsEra2024” unggahan video tersebut bernarasi bahwa atas perintah Mahfud MD, Rocky Gerung ditahan di Nusakambangan.

Namun gambar pratinjau tersebut dapat dipastikan merupakan hasil suntingan. Pada gambar meperlihatkan sosok Rocky gerung yang tidak realistis karena bagian kepala dan badan berbeda.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari cnnindonesia.com dengan judul artikel “Sidang Berlanjut Usai Permintaan Cabut Gugatan Rocky Gerung Ditolak”.

Salah satu klip pada awal video yang menampilkan sosok Mahfud MD yang sedang melakukan wawancara, video tersebut identik dengan video yang diunggah kanal Youtube
KOMPASTV dengan judul video “Mahfud MD: Tidak Temukan Dalil dalam Kasus Rocky Gerung”.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim narasi yang menyatakan atas perintah Mahfud MD, Rocky Gerung ditahan di Nusakambangan adalah salah dan masuk kategori konten yang dimanipulasi.

=====

[REFERENSI]:
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230927201357-12-1004603/sidang-berlanjut-usai-permintaan-cabut-gugatan-rocky-gerung-ditolak
https://www.youtube.com/watch?v=pcJ3Cxp4k1Y