[SALAH] KANTOR PUSAT NASDEM DIBAKAR AKIBAT SURYA PALOH INGKAR JANJI

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Tidak ditemukan informasi kredibel terkait klaim narasi yang beredar. Thumbnail yang menampilkan bangunan terbakar tersebut merupakan Kantor Inspektorat dan Kominfo Natuna dan bukan kantor pusat Partai NasDem.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1696845109.922199/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
KANTOR PUSAT NASDEM DI BAK4R !! AKIBAT SURYA PALOH INGKAR JANJI

BREAKING NEWS
KANTOR PUSAT NASDEM HANGUS
EMOSI WARGA MEMUNCAK,AKIBAT SURYA PALOH INGKAR JANJI

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube bernama KURSI POLITIK yang menampilkan gambar thumbnail sebuah bangunan terbakar dengan narasi yang menyatakan bahwa bangunan tersebut adalah kantor pusat Partai NasDem yang dibakar oleh warga akibat Surya Paloh ingkar janji.

Setelah dilakukan penelusuran, dari awal hingga akhir video tidak ditemukan pemberitaan terkait kantor pusat Partai NasDem yang dibakar. Video tersebut hanya berisi cuplikan kegiatan Partai NasDem yang tidak ada kaitannya dengan klaim narasi.

Narasi yang dibacakan dalam video tersebut bersumber dari artikel tribunnews.com berjudul “Menagih Janji Surya Paloh Bubarkan Partai NasDem Jika Ada Kadernya yang Korupsi” yang diunggah pada 15 Oktober 2015.

Gambar bangunan terbakar yang ditampilkan pada thumbnail video tersebut merupakan Kantor Inspektorat dan Kominfo Natuna yang terbakar pada 18 Desember 2021 silam.

Gambar aslinya dimuat pada artikel suluhkepri.com berjudul “Kantor Inspektorat dan Kominfo Natuna Dilahap Si Jago Merah”.

Dengan demikian, klaim narasi yang dibagikan dalam video unggahan channel youtube KURSI POLITIK tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://www.tribunnews.com/nasional/2015/10/15/menagih-janji-surya-paloh-bubarkan-partai-nasdem-jika-ada-kadernya-yang-korupsi