[SALAH] ANIES DAN SURYA PALOH NGEMIS JADI CAWAPRES GANJAR

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya tidak ditemukan pemberitaan terkait klaim narasi yang beredar. Selain thumbnail merupakan hasil rekayasa, Video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1696835985.598299/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
TAK PUNYA HARGA DIRI !! ANIES DAN PALOH NGEMIS-NGEMIS MAU JADI CAWAPRES GANJAR PRANOWO…

DI TOLAK MENTAH-MENTAH
HARGA DIRI ANIES DAN PALOH DI INJAK INJAK DI KANTOR PDIP

=======

[PENJELASAN]:
Sebuah video bernarasi Anies Baswedan dan Surya Paloh ngemis mau jadi cawapres Ganjar Pranowo beredar dari channel youtube bernama AKTUAL pada 3 Oktober 2023.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak terdapat informasi yang mendukung klaim yang beredar. Video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan.

Narator dalam video tersebut hanya membacaka ulang artikel cnbcindonesia.com berjudul “Anies Kena Semprot Jokowi dan Ganjar Gara-Gara Ini” yang diunggah pada 2 Oktober 2023.

Thumbnail yang menampilkan sosok Megawati bersama beberapa tokoh politik tersebut identik dengan foto yang dimuat pada artikel suara.com berjudul “Sejumlah Artis Pamerkan Atribut Kampanye Milenial PDIP”.

Dalam foto aslinya tidak menampilkan beberapa tokoh politik seperti yang ditampilkan dalam thumbnail. Sehingga dapat dipastikan thumbnail tersebut merupakan hasil rekayasa.

Foto tersebut merupakan momen ketika Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri berfoto bersama sejumlah artis yang merupakan kader PDIP saat peluncuran tagline dan atribut partai untuk kalangan milenial di kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Kamis, 20 September 2018.

Dengan demikian, klaim narasi yang beredar dari channel youtube AKTUAL adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[RFERENSI]:
https://www.cnbcindonesia.com/news/20231001215855-4-476857/anies-kena-semprot-jokowi-dan-ganjar-gara-gara-ini

https://www.suara.com/foto/2018/09/20/183434/sejumlah-artis-pamerkan-atribut-kampanye-milenial-pdip