[SALAH] Partai Kebangkitan Nusantara Menyerukan PKI Jaya

Informasi menyesatkan. Dalam video aslinya Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) menyerukan “PKN jaya”. Namun karena pengucapannya cukup cepat seolah-olah dianggap mengatakan “PKI jaya”.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

======

[SUMBER]: FACEBOOK (https://archive.fo/0ptLV)

======

[NARASI]:

“Dah terlihat dengan jelas di rezim sekarang ini”

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Facebook mengunggah video yang menunjukkan sejumlah orang yang tergabung dalam Partai Kebangkitan Nusantara (PKN). Dalam unggahannya, akun tersebut mengklaim bahwa di akhir pertemuan, orang-orang di video tersebut menyerukan PKI jaya sambil mengepalkan tangan.

Berdasarkan hasil penelusuran, video yang diklaim merupakan momen ketika PKN menyerukan “PKI Jaya” berasal dari akun Tiktok. Jika dicermati, orang-orang dalam video sebenarnya mengatakan “PKN jaya”. Namun karena pengucapannya cukup cepat seolah-olah dianggap mengatakan “PKI jaya”.

PKN sendiri merupakan partai baru di Indonesia. Partai tersebut menjadi salah satu partai yang lolos sebagai peserta Pemilu 2024.

Dilansir dari kompas.com, PKN dideklarasikan pada 28 Oktober 2021 dan telah resmi berbadan hukum dengan mengantongi Surat Keputusan Kememteriam Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) tertanggal 7 Januari 2022.

Partai berlambang garuda merah itu didirikan oleh Gede Pasek Suardika dan sejumlah loyalis Anas Urbaningrum seperti mantan anggota DPR dari Fraksi Demokrat Mirwan Amir, eks pengurus Demokrat Ian Zulfikar, aktivis HMI Asral Hardi, serta Sri Mulyono yang kini jadi sekretaris jenderal PKN.

Ketua Umum PKN, Gede Pasek menyebut, partainya merupakan partai politik baru yang hanya ingin meramaikan gelaran Pemilu 2024.

======

REFERENSI:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/01/04/171529782/hoaks-partai-kebangkitan-nusantara-serukan-pki-jaya?page=all