[SALAH] PKI Jaya TNI, Waspadalah

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan.

Sorak yang dilakukan sekelompok orang pada video tersebut tidak menyebutkan PKI melainkan PKN.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
==============
Konten: Konteks yang salah

Beredar sebuah pesan berantai WhatsApp dalam bentuk video pada 19 Desember 2022. Dalam video tersebut memperlihatkan sekelompok orang yang diduga bersorak dengan menyebutkan¬† “PKI Jaya”.

Sumber: WhatsApp https://archive.ph/qtDy9 Arsip
==============

PENJELASAN:
Berdasarkan hasi penelusuran, video tersebut tidak ada kaitannya dengan PKI. Sorak dari sekelompok tersebut merupakan anggota PKN, namun terdengar samar seperti menyebutkan kata PKI.

Video tersebut diunggah pertama pada akun TikTok milik Andi Syamsul Bahri pada 20 September 2022 yang merupakan salah satu anggota dari PKN, terlihat dari postingan TikTok nya yang secara keseluruhan berisi tentang PKN.

Dilansir dari Wikipedia, PKN merupakan salah saru partai politik dengan nama Partai Kebangkitan Nusantara yang dideklarasikan pada 28 Oktober 2022.

Dengan demikian, sorak yang dilakukan sekelompok orang pada video tersebut tidak menyebutkan PKI melainkan PKN, sehingga masuk ke dalam kategori konteks yang salah.

Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Partai_Kebangkitan_Nusantara#:~:text=Partai%20Kebangkitan%20Nusantara%20(disingkat%20PKN,pada%20tanggal%2028%20Oktober%202021.

https://vt.tiktok.com/ZS86eUr2q/