[SALAH] PASANGAN GANJAR-MAHFUD MD DIRESTUI TRAH GUS DUR

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya tidak ditemukan informasi kredibel terkait pasangan Ganjar dan Mahfud MD direstui trah Gus Dur. Selain thumbnail yang merupakan hasil manipulasi, video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1696226486.86313/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
DAPAT RESTU KELUARGA BESAR MAHFUD SE JATIM..PASANGAN GANJAR MAHFUD DI RESTUI TRAH GUSDUR

BREAKING NEWS…!!
DIRESTUI KELUARGA BESAR MAHFUD MD
PASANGAN GANJAR-MAHFUD MD DIRESTUI TRAH GUSDUR
=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube bernama POLITIK NUSANTARA bernarasikan pasangan Ganjar dan Mahfud MD telah direstui keluarga besar Mahfud MD dan telah direstui oleh trah dari Presiden Keempat RI Gus Dur.

Setelah dilakukan penelusuran, gambar pada thumbnail video yang menampilkan Ganjar, Mahfud MD, Yenny Wahid dan istri Gus Dur, Sinta Nuriyah identik dengan foto yang dimuat pada artikel tribunnews.com berjudul “Sambil Guyon, Istri Gus Dur Berpesan ke Ganjar Pranowo: Jangan Banyak-banyak Makannya”.

Foto tersebut merupakan momen ketika bakal calon presiden Ganjar Pranowo saat sowan ke istri Presiden Keempat RI Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah di kediaman Gus Dur, di Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu, 13 Agustus 2023. Dalam foto aslinya tidak menampilkan sosok Mahfud MD.

Narasi yang dibacakan dalam video tersebut bersumber dari artikel pikiran-rakyat.com berjudul “Adik Mahfud MD Puji Ganjar Pranowo sebagai Sosok yang Merakyat, Lampu Hijau Jadi Cawapres?” yang dimuat pada 23 September 2023.

Selain itu, video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak ada kaitannya dengan klaim narasi yang berear.

Dengan demikian klaim narasi yang beredar dari channel youtube POLITIK NUSANTARA adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://www.tribunnews.com/mata-lokal-memilih/2023/08/14/sambil-guyon-istri-gus-dur-berpesan-ke-ganjar-pranowo-jangan-banyak-banyak-makannya

https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-017158873/adik-mahfud-md-puji-ganjar-pranowo-sebagai-sosok-yang-merakyat-lampu-hijau-jadi-cawapres?page=all